Follow detikFinance
Jumat, 18 Mei 2018 04:07 WIB

Trik Asuransi Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Eko Endarto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Peribahasa "sedia payung sebelum hujan" begitu sering kita dengar sehingga banyak orang yang tidak terlalu memperdulikannya. Padahal di balik peribahasa tersebut terkandung makna yang mendalam.

Peribahasa itu mengajarkan kepada kita untuk menyiapkan segala sesuatu sebelum kemungkinan buruk terjadi. Tentu dengan menyiapkan sebelumnya Anda akan teringankan saat menghadapi kemungkinan terburuk.

Salah satu point penting untuk menjaga keamanan diri adalah dengan menggunakan asuransi kesehatan yang benar. Kini banyak sekali berbagai perusahaan asuransi kesehatan memberikan penawaran yang beragam dan menarik.

Tiap tawaran tersebut tentu ada kelebihan dan kekurangannya sehingga ketelitian Anda sangat dibutuhkan dalam memilih. Berikut beberapa strategi untuk memilih asuransi kesehatan yang benar.

Kenali Kebutuhan
Langkah pertama adalah dengan mengenali apa yang menjadi kebutuhan Anda sebenarnya. Dengan mengetahuinya Anda akan dengan mudah memilih produk asuransi kesehatan karena pada dasarnya produk asuransi didasarkan pada kesehatan para klien. Sehingga menjadi hal penting untuk Anda dalam mengetahui riwayat kesehatan dan perawatan apa saja yang dibutuhkan (layanan rumah sakit).

Mengabaikan hal ini dapat membahayakan karena dalam polis asuransi ada beberapa jenis penyakit yang tidak menjadi tanggungan. Jadi ketahui kebutuhan
kita, pastikan kebutuhan itu tercover!

Kenali Betul Produk
Setiap perusahaan asuransi memberikan berbagai produk asuransi kesehatan yang beragam. Hal ini dilakukan agar klien terbantu secara maksimal. Umunya ada 2 tipe produk, yaitu santunan dan Penggantian.

Untuk tipe santunan, klien akan diberikan ganti rugi sesuai dengan perjanjian di awal tanpa menghiraukan jumlah uang yang dibutuhkan sebenarnya. Sedangkan untuk tipe penggantian, klien akan diberikan pergantian biaya sesuai dengan biaya yang diperlukan namun tetap memiliki nilai plafon maksimal dalam satu periode.

Kenali Mitra Perusahaan Asuransi
Langkah ketiga yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencari tahu rumah sakit mana saja yang menerima klaim perusahaan asuransi. Secara mudah, usahakan agar rumah sakit rekanan tadi tidak jauh dari rumah tinggal kita atau tempat kita bekerja, karena kedua tempat tadi adalah di mana waktu dan kegiatan kita paling banyak dilakukan.

Kenali Pelayanannya
Hal ini sederhana namun cukup penting. Saat sering terjadi klien tidak mampu untuk menangani masalah administrasi sendiri. Maka kemudahan dalam hal penanganan manjadi penting disini. Sistem kartu, adanya perwakilan asuransi di rumah sakit, bisa menjadi pertimbangan. Asuransi diciptakan bukan untuk mengharapkan seseorang bisa sakit.

Namun bila risiko sakit terjadi, seseorang tidak harus menanggungnya sendiri karena pihak asuransi adalah perusahaan yang siap menanggung risiko itu sesuai perjanjian kontrak yang dibuat. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed