img_list
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Mei 2018 13:28 WIB

Begini Tips Atur Keuangan Selama Ramadan

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Masyarakat muslim di Indonesia saat ini tengah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh terhitung 17 Mei-15 Juni 2018. Bulan ini juga dikenal sebagai bulan yang penuh dengan berkah.

Pada bulan puasa juga menjadi ajang buat masyarakat di Indonesia mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan dari bulan biasanya. Sebab, banyak kegiatan silaturahmi seperti buka puasa dengan teman maupun keluarga. Ditambah lagi membeli baju baru.


Lalu bagaimana cara mengatur keuangan saat bulan puasa?

Perencana Keuangan ZAP Prita Hapsari Ghozie menjelaskan beberapa cara mengelola keuangan di bulan puasa agar tidak jebol.

Yang pertama, kata Prita adalah membedakan mana pengeluaran yang wajib, yang dibutuhkan, dan yang diinginkan selama buka puasa.

"Lalu hanya gunakan penghasilan gaji untuk pengeluaran selama ramadan," kata Prita saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (21/5/2018).


Dia bilang, agar keuangan tidak jebol di saat bulan puasa juga bisa dengan menghindari pembelian produk atau barang dengan cara mencicil.

"Jadi ngapain baru tapi utangan," jelas dia.

Selanjutnya, kata Prita, yaitu dengan mengatur menu makanan untuk satu bulan ke depan, serta menu makanan saat buka puasa dan sahur dengan menu yang sewajarnya. (dna/dna)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed