Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 06:56 WIB

Keuangan Berantakan Habis Libur Panjang? Yuk Kita Bereskan (1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Ketika dalam masa liburan seperti ini, apalagi anda sedang berada di kampung halaman, maka setidaknya ada beberapa hal yang berpotensi menjadi masalah bagi anda.

Pertama, hal yang menjadi potensi menjadi masalah bagi keuangan ada adalah anda secara sadar pada saat liburan mengabaikan anggaran yang telah dibuat. Sederhananya: anda gagal mengatur keuangan.

Hal ini bisa jadi karena banyak sebab, bisa jadi anda kebanyakan gaya; anda memang sedang banyak kebutuhan; atau anda memang tidak bisa disiplin pada catatan anggaran yang anda pegang.

Hasilnya? Ya anggaran anda berantakan, anda terpaksa menggunakan uang yang sebenarnya bukan peruntukannya. Paling parah bisa jadi uang yang seharusnya anda sedekahkan bisa jadi malah anda gunakan untuk jalan-jalan.

Oleh sebab itu, disiplin pada anggaran sangatlah penting bagi anda. Jangan sampai anggaran yang telah anda buat malah hancur berantakan dan kemudian anda terjebak pada penggunaan utang.

Memangnya, bila anda sudah tidak punya uang lagi yang dipegang, apalagi sumber dana yang bisa membantu anda untuk membayar semua pengeluaran kalau bukan utang? Uang dari mantan? Ya nggak kan.

Sehingga, hal yang berpotensi menjadi masalah bagi anda yang selanjutnya adalah penggunaan kartu kredit yang berlebihan. Kartu kredit bagi beberapa orang (mungkin bagi anda juga) menjadi solusi cepat ketika merasa tidak punya uang. Anggapannya, "nanti juga gak lama setelah liburan akan gajian, bisa lah dibayar." Pernah terpikirkan?

Padahal, liburan kali ini (Idul Fitri) kan sudah diberi modal dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Bila anda tetap memakai kartu kredit dan membayar tagihannya di bulan depan pakai uang hasil gajian, lalu belanja bulanan dan kebutuhan hidup bulanan di bulan depan mau ambil dari mana? Uang dari mantan lagi? Ya jelas nggak, kan.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk dapat mengelola keuangan dengan baik pada masa liburan karena tantangannya berlipat dibanding dengan hari biasanya. Banyak godaan sesederhana jalan-jalan di luar rencana untuk menghabiskan waktu liburan karena tidak ada kerjaan atau 'pamer kekuatan keuangan' padahal uang yang dimiliki 'enggak' seberapa.


'Pamer kekuatan keuangan' ini sebetulnya bukan fenomena baru bila sedang dalam masa Lebaran dan pengungkapannya masih saja sama setiap tahunnya. Mulai dari menggunakan gadget baru yang padahal bukan merupakan kebutuhan sampai dengan pamer mobil baru padahal belum kepikiran bayar cicilannya dari mana di bulan depan. Semoga anda tidak ikut-ikutan.

Namun, bila ternyata anda sudah kepalang basah dengan jebolnya anggaran, tenang saja! Anda masih punya beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan keuangan anda. Tapi harus diingat, bahwa solusinya bukanlah utang ya!

1. Hidup dari uang yang tersisa didalam rekening tabungan
Pertama, bila anda sudah habis-habisan selama masa lebaran dengan uang anda, maka kini saatnya anda hidup terbatas dengan uang yang ada dalam tabungan. Tidak berapa lama, sementara kurangi bahkan hapuskan daftar jalan-jalan ke mal atau makan di luar rumah sampai tanggal gajian saja. Mudah kan?

Bila mengikuti tanggal gajian normalnya, anda cukup bertahan selama satu sampai dengan dua pekan sampai dengan tanggal gajian selanjutnya. Kurangi jajan-jajan dan jalan-jalan nggak susah kan? Apalagi setelah pulang liburan.

Kan sudah cukup jalan-jalannya ketika liburan. Makanya liburan itu harus direncanakan juga jauh-jauh hari agar kantong tidak jebol. Anda mungkin berfikir bagaimana cara merencanakan liburan?

Nah, hal-hal seperti itulah yang diajarkan dan dibagi ilmunya di kelas dan workshop Perencanaan Keuangan dan Investasi yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB.


Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan info http://bit.ly/PM0618 dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksa Dana, info http://bit.ly/WRD0618.

Selain itu karena banyak orang merasa salah beli asuransi maka kita adakan juga workshop tentang asuransi info http://bit.ly/ASJI0718 dan akan ada workshop cara berkomunikasi dan menjual dengan baik, info http://bit.ly/NLP0718.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning, kelas baru dibulan Agustus dan workshop Intermediate Financial Planning di Pertengahan Juli. Cek infonya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik t.me/seputarkeuangan.

Lho tipsnya cuma satu saja? Tidak dong, di artikel berikutnya akan dibahas lebih detil lagi solusi keuangan anda pasca liburan. Yuk simak yuk. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed