Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Jul 2018 06:49 WIB

Bahaya! Ini 5 Tanda Ketergantungan Belanja Online

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Belanja online dapat menimbulkan ketergantungan yang cukup signifikan. Gawatnya, ketergantungan ini ternyata bisa berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan keuangan. Waspada beberapa kondisi dibawah ini yang mungkin menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kertegantungan belanja online.

1. Memiliki lebih dari 3 kartu kredit yang aktif untuk belanja
Sebaiknya waspada jika Anda sudah mempergunakan lebih dari 3 kartu kredit untuk belanja online, bahkan tanpa sadar telah berbelanja melebihi gaji bulanan.

2. Menghabiskan lebih dari 3 jam sehari untuk melihat lihat fitur belanja online
Adiksi belanja online dimulai dari kebiasaan. Jika secara rerata Anda menghabiskan lebih dari 3 jam secara penuh untuk browsing toko online, maka waspada. Apalagi jika kebiasaan ini juga mengganggu pekerjaan utama karena dilakukan saat jam kerja.

3. Setiap seminggu sekali pasti ada kiriman paket belanja online
Apabila Anda mendapatkan paket barang konsumtif setidaknya seminggu sekali ke alamat rumah dan kantor, maka bisa jadi Anda sudah ketergantungan. Bahkan dalam beberapa kasus, Anda memiliki berbagai macam warna dari satu model yang sama, hanya karena Anda menyukainya, bukan karena Anda membutuhkannya.


4. Mulai mencicil untuk belanja online yang konsumtif
Waspada jika cicilan 0% menjadi pemicu untuk melakukan belanja online. Apalagi jika besaran tagihan minimal kartu kredit sudah membuat Anda kesulitan untuk membayar. Bahkan, untuk membayar minimum, Anda terpaksa mengorbankan pos keuangan untuk makan dan kebutuhan hidup lain.

5. Lebih dari 30% dihabiskan untuk cicilan belanja online
Cicilan pinjaman sebaiknya diarahkan untuk pembelian aset produktif dan rumah tinggal. Apabila 1/3 dari gaji digunakan untuk cicilan belanja online, maka Anda patut waspada. Terlebih jika dari gaji tidak dapat disisihkan untuk tabungan, dana darurat dan investasi. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari menjadi pas-pasan, sementara Anda juga masih terbelit utang.

Apabila belanja online merupakan sebuah prioritas penting dalam kehidupan Anda, maka saya sarankan untuk membuat pos khusus belanja setiap bulan. Alokasikan 10% dari gaji ke dalam dompet elektronik toko online langganan yang dapat dipergunakan untuk berbelanja.


Saat jumlah uang menipis, maka sudah saatnya Anda menunggu bulan berikutnya untuk berbelanja lagi.

Live a Beautiful Life!

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed