Follow detikFinance
Jumat, 13 Jul 2018 07:20 WIB

Kesalahan-kesalahan Dalam Merencanakan Dana Pendidikan (3)

Ila Abdulrahman - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Dari dua artikel sebelumnya sudah dibahas dan mengupas tuntas tentang kesalahan-kesalahan apa yang paling sering anda lakukan ketika mempersiapkan Dana Pendidikan untuk anak anda.

Artikel kali ini adalah artikel penutup dari seri artikel kesalahan dalam merencanakan dana pendidikan.

Yang harus anda ingat dan camkan bahwa dana pendidikan mempunyai jangka waktu yang terbatas, misalnya untuk dana pendidikan kuliah, bila anak anda saat ini baru lahir maka anda hanya punya waktu kurang dari 18 tahun untuk mempersiapkan.

Mengapa hal ini penting? Karena semakin dekat dan terbatasnya waktu, dan semakin tinggi keinginan kita maka semakin besar dana pendidikan dan cicilan yang harus kita persiapkan setiap bulannya.

Oke, kembali ke kesalahan-kesalahan mempersiapkan dana pendidikan, kesalahan berikutnya adalah:

SALAH BELI PRODUK
Kesalahan kelima adalah salah produk, kesalahan ini hampir mirip dengan kasus sebelumnya, mengabaikan jangka waktu yang berimbas pada salahnya produk. Hal ini terjadi karena masih minimnya literasi keuangan, sehingga pengetahuan akan instrumen investasi itu-itu saja.

Misalkan seharusnya berinvestasi malah berasuransi, seharusnya menempatkan dananya pada produk investasi namun malah membeli asuransi, apapun namanya asuransi adalah proteksi bukan investasi.

BERINVESTASI JAUH DI BAWAH ANGKA SEHARUSNYA
Kesalahan keenam adalah berinvestasi jauh dibawah angka yang dibutuhkan, karena tahu tidak mengetahui atau kesulitan menghitung angka seharusnya, padahal anda dapat menggunakan jasa perencana keuangan.

Misalkan untuk kebutuhan dana pendidikan seharusnya berinvestasi total sebesar Rp 4 juta per bulan dengan tujuan sekolah-sekolah bertaraf Nasional, namun hanya berinvestasi sebesar Rp 1-2 jutaan per bulan.

Yang terjadi kemudian adalah hasil akhir yang sama dengan kasus sebelumnya yaitu jauh dari angka seharusnya yang dibutuhan. Dampaknya anak akan masuk sekolah di sekolah yang biasa sesuai dengan ketersediaan, atau menombok kekurangan dengan menggali lubang utang.

TIDAK DISIPLIN
Kesalahan terakhir adalah, ketika Anda sudah membuat rencana keuangan semua berakhir hanya menjadi rencana, karena Anda tidak disiplin. Ingat sekali saja Anda toleran untuk tidak disiplin dalam berinvestasi, maka jangan heran Jika Anda juga akan toleran terhadap ketidakdisiplinan yang lain, sehingga keuangan bahkan kehidupan Anda akan berantakan.

Ingat kunci keberhasilan sebuah rencana keuangan tergantung salah satunya dari disiplin, baik jumlah maupun waktu, misal jika sudah dihitung anda harus berinvestasi Rp 4 juta per bulan tanggal 5 setiap bulannya, maka lakukan.

Menggeser tanggal atau mengurangi jumlah akan berpengaruh kepada hasil akhir. Agar disiplin dalam berinvestasi, bisa disiasati dengan melakukan auto invest.

Nah, Anda pastinya bukan termasuk orang tua atau calon orang tua yang abai terhadap hal-hal di atas, karena rajin membaca artikel-artikel kami. Ya kan?


Jika artikel kami dirasa kurang jelas, bikin bingung, gampang, join di kelas yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates https://ow.ly/pxId30gC3BB.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan info http://bit.ly/CPM0718 dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksa Dana, info http://bit.ly/WRD0718.

Selain itu karena banyak orang merasa salah beli asuransi maka kita adakan juga workshop tentang asuransi info http://bit.ly/ASJI0718 dan akan ada workshop cara berkomunikasi dan menjual dengan baik, info http://bit.ly/NLP0718.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning di July ini info http://bit.ly/BFP0718, dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Agustus info http://bit.ly/INFP0818 dan http://bit.ly/ADFP0818.


Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com. Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik t.me/seputarkeuangan.

Semoga bermanfaat dan salam finansial! (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed