Follow detikFinance
Rabu, 15 Agu 2018 10:35 WIB

Tips Agar Kantong Tak Jebol Saat Berburu Promo Belanja Online

Tia Reisha - detikFinance
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Maraknya fenomena belanja online memicu makin banyaknya keberadaan toko atau merchant online di Indonesia. Selain praktis, belanja online memang lebih digemari karena banyak merchant yang menawarkan berbagai promo spesial.

Namun jika tidak cerdas dalam berbelanja online, walaupun sedang banyak promo, seseorang justru bisa menjadi konsumtif dan semakin boros. Pada akhirnya, belanja online dapat mengganggu kondisi keuangan seperti makin berkurangnya tabungan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Pastikan juga apakah sudah memiliki barang tersebut. Seseorang cenderung lupa sudah memiliki barang serupa karena tergiur diskon yang besar.

Kedua, selektif menentukan di mana akan berbelanja online lalu bandingkan diskon antara satu merchant dengan merchant lainnya. Apalagi menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, banyak promo yang ditawarkan oleh berbagai merchant online.


"Pilih di merchant-merchant yang memang memberi potongan harga jadi lebih hemat, tidak full price. Bandingkan saja merchant A dengan merchant B, bandingkan harganya lebih murah yang mana kemudian didukung dengan program-program diskon yang ada," ujar Debit Card Product Specialist, Sonya Putri Rai, pada detikFinance, Senin (13/8/2018).

Terakhir, pastikan berbelanja di merchant yang aman sehingga tidak akan mengalami penipuan. Sonya mengatakan lebih baik berbelanja di merchant yang sudah menggunakan 3D Secure by Visa sehingga pesanan akan diverifikasi menggunakan One Time Password (OTP). Password tersebut kemudian akan dikirim ke nomor pribadi sehingga lebih aman.

Maka Bank Mega juga bekerja sama dengan beberapa merchant yang sudah menggunakan 3D Secure by Visa. Adapun merchant online-nya antara lain Lazada, Shopee, JD.id, Bukalapak, Honestbee, Hijabenka, dan Berrybenka. Promo yang ditawarkan berupa diskon 5% > diskon hingga 10% hingga Rp 100 ribu.


Untuk transaksinya, nasabah bisa menggunakan kartu debit Bank Mega untuk belanja online. Sebab, kartu debit Bank Mega telah dilengkapi dengan layanan belanja debit online. Jadi tidak perlu melakukan registrasi saat ingin berbelanja online.

Tak hanya itu, Bank Mega turut menyediakan promo spesial Hari Kemerdekaan Indonesia berupa diskon 17%++ di merchant online dan offline. Jadi nasabah bisa mendapatkan diskon menarik jika berbelanja di Metro Department Store, Wendy's, The Coffee Bean, Baskin Robbins, Honestbee, dan Bukalapak. (idr/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed