Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Okt 2018 07:18 WIB

Tertarik Asuransi yang Ada Investasinya? Baca Ini Dulu (1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Asuransi yang ada investasinya sekilas terlihat sebagai sebuah produk keuangan yang dapat menjawab banyak kebutuhan. Bagaimana tidak, dengan adanya proteksi yang dianggap cukup untuk melindungi keluarga, dana yang anda setorkan juga katanya tidak akan hangus karena dana yang anda setorkan melalui premi asuransi akan diinvestasikan pada instrumen investasi yang imbal hasilnya cukup menggiurkan.

Selain itu, tawaran dahsyat nan menggiurkan yang datang bertubi-tubi dari agen asuransi yang biasanya juga adalah kenalan lama anda sepertinya sangat sulit untuk ditolak. Bukan sulit ditolak karena dia adalah kenalan lama anda, tetapi entah kenapa sepertinya fitur yang akan diberikan oleh asuransi tersebut sangatlah dapat menjawab kebutuhan anda.

Dan dalam waktu yang tidak lama, akhirnya anda ingin membeli asuransi yang ditawarkan tersebut.

Biasanya, agen asuransi akan memberikan penawaran berupa:
(1) Imbal hasil yang menarik dari produk asuransi yang dimiliki oleh persahaannya
(2) Manfaat perlindungan yang akan diberikan kepada anda dan keluarga anda, baik itu manfaat berupa uang pertanggungan atau manfaat berupa asuransi kesehatan
(3) Anda tidak perlu lagi membayar asuransinya pada tahun ke 5 atau tahun-tahun ke sekian dan sisanya anda tinggal menerima manfaatnya saja.

Bila anda diberikan penawaran dengan 3 hal tadi, (tentang imbal hasil yang tinggi; perlindungan yang anda kira dapat mencukupi; dan keringanan pembayaran premi) lalu anda tertarik untuk memiliki asuransi yang ada investasinya karena 3 hal tadi.

Maka, ada 3 hal juga yang perlu anda pertimbangkan sebelum anda pada akhirnya membeli asuransi dari sang agen.

Pertama, hal yang harus pertimbangkan adalah tentang imbal hasil yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi melalui agen mereka. Harus anda ketahui bahwa imbal hasil dalam produk investasi yang menempel dengan asuransi biasanya tinggi.

Tapi tahukah anda bahwa bila dibandingkan dengan produk investasi yang memiliki karakteristik dan risiko yang sama di luaran sana, sebenarnya anda mendapat imbal hasil yang jauh ada di bawahnya?

Selain itu, anda juga harus faham bahwa imbal hasil yang ditawarkan dalam produk asuransi yang ada investasinya memang tinggi, tetapi lebih tinggi dibandingkan apa?

Bila ternyata sang agen asuransi membandingkan antara hasil investasi di tempatnya dengan deposito, maka anda harus waspada! Anda harus waspada dengan mencari tahu dana anda di simpan dimana, karena setiap produk keuangan ada risikonya.

Selain itu, anda juga akan dibebankan cukup banyak biaya dari perusahaan asuransi yang pada akhirnya akan menggerus imbal hasil milik anda dari hasil pengelolaan dana. Dan yang lebih mengejutkan lagi bagi beberapa orang dan ini haruslah menjadi pengetahuan anda, bahwa ternyata tidak semua dana yang anda setorkan menjadi dana yang akan diinvestasikan.

Oleh karena itu, selalu tanya ke agen asuransi bagaimana pembagiannya. Ada juga pertimbangan perlindungan yang diberikan oleh asuransi yang ditawarkan.


Nah untuk mengetahui perlindungan asuransi sebesar apa yang dibutuhkan, anda bisa belajar menghitung kebutuhan asuransi di workshop perencanaan keuangan basic yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Lalu, sebenarnya UU asuransi sendiri mengatakan apa sih tentang asuransi jiwa? Nah hal penting seperti ini nih yang akan kita bahas di artikel berikutnya. Tunggu ya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com