Follow detikFinance
Jumat, 05 Okt 2018 15:17 WIB

Tips Menabung yang Lebih Cepat untuk Biaya Liburan ke Chile

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Aditya Jakun - Trans7 Foto: Aditya Jakun - Trans7
Jakarta - Negara Chile jadi terkenal karena aktivis Ratna Sarumpaet yang ingin berangkat, namun gagal. Harga tiket pesawat untuk terbang ke Chile harganya mencapai Rp 40 jutaan.

Jika ingin liburan dan berangkat lebih cepat, bagaimana caranya?

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho menjelaskan agar keinginan untuk liburan bisa tercapai dibutuhkan usaha ekstra.

Misalnya dengan memangkas biaya-biaya lain yang tidak terlalu penting. Ini dilakukan agar tabungan bisa lebih cepat terkumpul.


Selain itu, bisa juga berinvestasi agar keuntungan yang didapatkan bisa digunakan. "Bisa juga dengan bekerja sampingan, atau cara lain berinvestasi. Tapi kan kalau liburan itu jangka waktunya pasti pendek, maka kita harus berani masuk ke instrumen yang risikonya tinggi," kata Andi di Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Dia mencontohkan, bisa masuk ke pasar saham, pasar derivatif atau berbisnis. Menurut dia investasi dengan risiko tinggi memiliki keuntungan yang lebih besar.

Memang untuk berinvestasi harus diperhitungkan secara matang, apalagi jika tujuannya untuk liburan atau bersenang-senang.

"Jadi investasinya di instrumen yang bisa kasih return tinggi. Memang pasti high risk, tapikan pasti sudah diperhitungkan," imbuh dia.


Dari penelusuran detikFinance di sebuah situs penyedia jasa layanan tiket, untuk kepergian tanggal 12 Oktober 2018 satu orang dewasa harus membayar Rp 29,53 juta untuk penerbangan maskapai Emirates kelas ekonomi.

Namun jika anda memilih perjalanan pulang pergi, maka tiket pesawat bisa didapatkan dengan harga Rp 20,27 juta untuk pergi dan Rp 20,27 juta untuk pulang. Sehingga total yang dibayarkan adalah Rp 40,55 juta. (kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed