Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Nov 2018 07:17 WIB

Perlu Nggak Sih Emotional Cost? (1)

- detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya suntuk, penat, bosan dengan segala aktivitas harian. Bahkan saat masa itu datang kita ingin mengakhiri segalanya. Dan yang perlu kamu lakukan bukanlah resign dari pekerjaanmu atau buat kamu yang mahasiswa bolos selama berbulan-bulan, sayang banget kan?

Sebenarnya yang kamu butuhkan adalah me time atau quality time untuk dirimu sendiri atau saya menyebutnya emotional cost. Dengan me time kamu akan mempunyai semangat baru dan akan membantumu untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Dengan me time kamu akan mendapatkan banyak manfaat untuk diri kamu sendiri.

Sebenarnya apa sih me time itu? Me time adalah mengambil waktu untuk diri sendiri yang tidak hanya punya manfaat secara psikologis tapi juga fisik. Kita perlu memberikan diri sendiri waktu untuk beristirahat agar pikiran terasa lebih rileks, segar dan merasa bahagia.

Bad days can happen anytime, mulai dari dikejar deadline, gagal diet atau bahkan sedang bermasalah dengan pasangan. Itu semua menyebabkan stress dan membuat kepercayaan dirimu terjun bebas. Katherine L. Muller,PsD dari Center for Integrative Psychotherapy menyarankan untuk mengambil waktu mengosongkan pikiran.

"Me time merupakan momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Tanpa meluangkan me time seseorang bisa menjadi mudah lelah,bad mood,wajah kusam,bosan hingga merasa tertekan," kata Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi.

Seringkali dalam urusan kehidupan yang seabrek dan sangat menyibukkan akan melupakan waktu yang penting bagi seseorang. Pekerjaan yang full dan kegiatan yang tidak bisa dilepas membuat rasanya tidak ada waktu untuk sedikit mencari waktu untuk diri kita sendiri.

Walaupun serumit atau sesibuk apapun urusan kita jika ada me time, maka kesibukan dan kerumitan itu akan terbantukan dengan hadirnya dirimu yang baru. Apa sih manfaat me time dan perlu ga sih emotional cost?

Meningkatkan kreativitas
Dengan Me time kamu akan merasa tenang,otak dan tubuh tidak terbebani, sehingga kreativitas kamu bisa muncul. Ide-ide yang awalnya terhambat bisa keluar dan kamu bisa mempunyai rencana yang lebih bagus.

Saat kita bersantai sambil menikmati secangkir teh atau kopi, menghirup udara segar atau bercanda dengan sahabat, pasti saat itu kita akan mendapatkan banyak sekali inspirasi dan memberi kita semangat yang lebih tinggi.

Mengisi energi positif
Dengan me time otomatis semua pekerjaan atau aktivitas yang padat akan berhenti, otak kita yang terus diajak berpikir berat akan rehat, tubuh pun juga akan rehat. Sehingga dengan rehat ini kita bisa mengumpulkan energi-energi positif, membuang energi negatif, membuang rasa kesal, penat yang ada dalam pikiran kita. Dengan energi positif, dengan energi yang baru maka kita akan siap untuk beraktivitas kembali.

Yang penting harus selalu diingat adalah, me time itu jangan berlebihan sehingga justru bukannya membuat energi makin positif tapi malah negatif karena duit abis dan kantong tongpes. Itulah sebabnya belajar perencanaan keuangan dan anggaran menjadi sangat penting.


Ke mana belajarnya? Ikut saja workshop Perencanaan Keuangan yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Lalu apa lagi efek positif dari me time dan penting nggak sih emotional cost itu dipersiapkan untuk diri anda dan keuangan anda? Tunggu jawabannya di artikel berikutnya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (Meydian Ekarini - Aidil Akbar Madjid & Partners/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed