Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Des 2018 06:54 WIB

Mahasiswa Harus Jago Ngatur Duit! (1)

Meydian Eka Rini - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Ilustrasi Foto: Muhammad Ridho Ilustrasi Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Keuangan adalah suatu yang dibutuhkan oleh semua orang, tapi tidak semua orang bisa memanfaatkan dengan bijak bahkan banyak yang menghambur-hamburkan uang begitu saja. Memiliki uang akan memeberi seseorang sebuah kesempatan untuk mengambil sebuah keputusan.

Setiap bulan menuju akhir bulan,sehari bisa serasa setahun. Apalagi kalau mendengar ceramah ibu tentang mengatur keuangan serasa nggak ada ujungnya. Ya, saya yang pernah menjadi mahasiswa pernah juga merasakan pahitnya tanggal tua, uang saku mepet tapi banyak kebutuhannya.

Ada uang di akhir bulan itu seperti menemukan oase di padang pasir, sejuk banget. Akhir bulan masih 15 hari lagi tapi uang di dompet kok receh semua sih?

Saya akui memang susah sekali mengatur duit saat mahasiswa. Mungkin enak yang dapat kiriman dalam jumlah banyak dari orang tua. Namun saya kuliah di perguruan tinggi swasta yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan adik saya juga kuliah.

Pastinya orang tua saya juga harus membagi pendapatannya untuk biaya kuliah saya dan adik saya. Uang di dompet mepet tapi harus bayar uang kegiatan,harus membeli peralatan buat tugas kuliah, ludes deh uang di dompet.

Mengatur keuangan itu rasanya seperti kita lagi PDKT sama orang yang kita suka. Gampang-gampang susah. Kadang ditolak kadang diterima, begitu juga dengan ngatur duit kadang bisa makan kadang Cuma makan mie instant.

Susah senang mahasiswa mungkin sangat dirasakan buat yang jauh dari rumah atau ngekost tapi yang di rumah sendiri mumgkin masih bisa hang out atau sekedar jalan ke kafe sama sahabat. Meskipun nggak ngekost dan orang tua nya masih mampu kita juga harus pintar ngatur duit.

Masak sih kamu harus minta ke orang tua terus. Pasti kamu bangga dong kalau sudah bisa menghasilkan uang sendiri, bisa beli baju uang sendiri meskipun kamu masih mahasiswa. Sehingga mengelola keuangan adalah harga mati yang harus saya lakukan kalau mau kuliah sampai lulus.

Setiap orang harus mempunyai kemampuan untuk mengelola keuangan,kemampuan tersebut biasa kita sebut dengan skill financial. Mampu mengalokasikan uang ke kebutuhan-kebutuhan penting dan membatasi pengeluaran yang tidak perlu sehingga bisa membawa dampak yang kurang bagus untuk kehidupan dan masa depan kamu.

Sebaiknya kamu melupakan sulitnya mengatur keuangan, mulailah untuk bersikap optimis. Pasti ada jalan kalau ada kemauan. Apalagi sekarang zaman digital, smartphone juga menyediakan aplikasi untuk mempermudah untuk kamu mengatur keuangan.

Informasi atau artikel keuangan juga mudah kamu akses. Jadi nggak ada alasan untuk nggak bisa ngatur duit. Kamu kan belum mandiri,masih mahasiswa dan masih bergantung sama orang tua.

Untuk itu perlu belajar untuk tanggung jawab dengan kebutuhan dan kehidupan diri sendiri. Bagaimanapun juga mengatur uang adalah salah satu keterampilan dasar yang perlu dimiliki oleh para mahasiswa.


Ngatur duit pun ada caranya, dan itu semua bisa dipelajari secara detail dan mendalam dengan mengikuti workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Kembali ke ngatur duit pun ada caranya, buat kamu yang masih mahasiswa dan merasa susah ngatur duit mungkin bisa disimak beberapa cara berikut di artikel berikutnya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed