Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 31 Des 2018 06:56 WIB

Milenial Jalan-Jalan Murah (2)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: (Thinkstock) Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Menyambung dari artikel sebelumnya sudah dibahas bahwa generasi milenial adalah generasi yang gemar jalan-jalan alias liburan. Sayangnya hobi liburan ini bila tidak disiasati dengan baik bisa menyebabkan kantong kita bolong.

Ada 2 pengeluaran besar dalam liburan yaitu tiket dan penginapan. Nah, artikel ini akan mengupas tuntas pembahasan sambungan tentang bagaimana trik dan trip untuk bisa membeli tiket liburan anda lebih murah lagi.

Pasang Price Alert di Online Travel Agen Anda
Tahukah anda bahwa dibeberapa aplikasi travel online anda terdapat fitur price alert alias pemberitahuan tentang harga dari tiket pesawat yang anda inginkan. Anda cukup memasukan target harga yang anda inginkan untuk tujuan destinasi anda, nanti ketika harga tersebut muncul maka fitur ini akan memberikan pemberi tahuan kepada anda.

Manfaatkan Travel Fair
Jangan takut ketinggalan, Jakarta surga diskon, itu tagline yang sering saya ucapkan/tuliskan di banyak tulisan saya diberbagai media. Nah, diskon tidak hanya terbatas pada pembelian barang seperti baju, berlengkapan, baik offine maupun online seperti Harbolnas.

Nah untuk bisa mendapatkan diskon tiket dengan harga terbaik, sering-seringlah datang ke travel fair alias pameran perjalanan baik yang di organisir EO kecil dan besar, maupun yang dilakukan maskapai-maskapai tertentu.

Dalam 1 tahun sedikitnya ada 2-3 kali pameran perjalanan yang dilaksanakan oleh EO besar dan kecil, di luar itu ada 1-2 kali pameran yang dilaksanakan oleh maskapai nasional Indonesia, tambahan lagi ada 1-2 pameran dari masing-masing maskapai Asia seperti Singapore, Malaysia, Jepang, yang menawarkan tiket ke negara mereka dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan harga normal. Nah, anda bisa memanfaatkan momentum ini.

Travel Light
Nah sejujurnya untuk hal ini saya tidak bisa melakukannya karena saya pribadi selalu berpergian dengan barang bawaan (baju) yang relatif banyak. Bagi sebagian maskapai penerbangan, mereka mengenakan biaya tambahan di luar tiket yang sudah anda beli untuk bagasi anda.

Akan tetapi anda tetap dapat berpergian dengan membawa tentengan di kabin pesawat. Bila anda bisa berpergian dengan pakaian dan bawaan yang ringan, maka anda akan menghemat cukup lumayan untuk biaya membeli bagasi anda.

Hal ini biasanya bisa dilakukan bila anda melakukan perjalanan dalam negeri dan berpergian ke daerah tujuan wisata berpantai sehingga anda hanya membawa beberapa jenis pakaian kaos (t-shirt) untuk ganti-ganti.

Sementara hal ini akan sangat menyiksa bila anda senang berbelanja baik untuk diri sendiri atau oleh-oleh. Kebiasaan orang Indonesia ketika berpergian keluar negeri adalah berangkat dengan 1 koper bagasi dan pulang bawa 3 koper alias kopernya 'beranak'.

Kenapa demikian karena orang Indonesia gemar berlanja. Ketika mereka berwisata keluar negeri kebanyakan tujuan wisata mereka adalah pusat perbelanjaan (mal) di kota-kota tersebut. Akibatnya bisa ditebak kan koper yang dibawa pulang lebih banyak dan anda terpaksa harus membayar bagasi ektra yang biayanya dihitung per kilogram dan harganya jauh lebih mahal.

Alih-alih travel light alias ringan dengan bawaan yang sedikit, anda malah rugi keluar uang banyak untuk bayar bagasi. Terdengar simple kan?


Diskusi ringan tapi jleb ke keuangan kita sering dilakukan di workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed