Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Jan 2019 06:57 WIB

Tips Cari Penginapan Murah untuk Milenial (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: (Thinkstock) Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Akhir tahun dan awal tahun adalah hari-hari yang ditunggu oleh banyak orang. Menyambung dari artikel seri sebelumnya tentang milenial jalan-jalan murah di mana saya sudah berbagi tips cara mencari tiket pesawat murah untuk generasi milenial, maka kali ini saya akan bagi-bagi tips untuk mendapatkan akomodasi murah bagi milenial.

Kenapa milenial? Karena merekalah yang paling sering dan banyak melakukan jalan-jalan (traveling). Akan tetapi tips ini juga bisa dipakai untuk semua kalangan yang ingin tetap bisa berpergian atau jalan-jalan tapi dengan biaya yang sangat bersahabat dengan kantong anda.

Lalu, apa saja yang bisa anda lakukan untuk bisa mendapatkan akomodasi yang ramah kantong tapi tetap nyaman untuk ditempati?

Mulai Menginap Di Hari Minggu
Apabila anda perhatikan melalui aplikasi travel online ada fenomena yang unik di mana menginap di hari Minggu malam Senin biasanya harganya lebih murah (semoga artikel ini tidak dibaca mereka dan mengganti settingan harga).

Mengapa menginap di hari Minggu lebih murah? Karena biasanya orang yang liburan itu berlibur sampai dengan hari Sabtu dan hari Minggunya mereka pulang. Sementara orang-orang yang berpergian untuk urusan bisnis mereka akan memulai menginap di hari Senin sampai Kamis.

Hal ini menyebabkan banyak kamar hotel akan kosong dihari Minggu malam Senin sehingga harga bisa relatif lebih murah. Akan tetapi hal ini belum tentu berlaku di semua hotel terutama hotel yang tingkat huniannya tinggi atau didaerah wisata yang pasti banyak turis tinggal di situ.

Hal ini juga belum tentu berlaku ketika banyak orang yang "mengintip" hotel tersebut di aplikasi online sehingga menyebabkan seakan-akan banyak orang yang akan memesan hotel tersebut (baca: hapus cookie).

Menginap Tengah Minggu
Lokasi wisata biasanya dipadati pengunjung di akhir pekan, itulah sebabnya harga hotel/penginapan di akhir pekan harganya bisa naik 1,5-2x lipat bahkan beberapa tempat bisa naik sampai 3x lipat daripada harga di hari-hari lainnya.

Di hari-hari kerja (tengah minggu) biasaya tingkat hunian kamar hotel menurun. Beberapa hotel memberikan paket menginap untuk pebisnis agar tingkat hunian mereka minimum mencapai angka hunian minimum mereka.

Itu sebabnya banyak hotel di daerah ini akan menurunkan harga penginapan mereka di hari kerja atau tengah minggu. Ini kesempatan bagi anda untuk bisa menginap dengan biaya yang lebih murah dibandingkan di akhir pekan.

Tinggal Lebih dari 1 Malam
Beberapa hotel menawarkan harga khusus bila anda tinggal/menginap lebih dari 1 malam di tempat mereka. Beberapa hotel dalam kondisi off-season (tanggal-tanggal sepi) bahkan menawarkan harga paket misalnya menginap 4 malam hanya bayar 3 malam saja. Anda bisa memanfaatkan penawaran ini untuk menginap lebih murah agar sesuai dengan bujet dan kantong anda.


Seru ya ternyata banyak hal bisa dilakukan untuk mendapatkan harga murah. Tips dan info seperti ini sering di sharing di kelas dan workshop perencanaan keuangan dan investasi yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Di artikel berikutnya akan dibahas 3-4 tips lagi bagaimana anda bisa jalan-jalan murah terutama mendapatkan penginapan (akomodasi) yang murah sehingga membantu menghemat pengeluaran anda.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed