Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Jan 2019 07:22 WIB

3 Kunci Sukses Mengatur Duit (1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Banyak orang bertanya apa cara agar berhasil mengelola dan merencanakan keuangan. Apakah perencanaan keuangan itu hanya berhasil bagi orang-orang dengan garis keturunan tertentu sajakah? Ataukah hanya orang berbakat yang berhasil merencakan keuangan?

Sebenarnya, tidak ada rahasia dalam mengelola dan merencanakan keuangan. Bila anda menganggap hanya orang-orang tertentu saja yang bisa dan berhasil merencanakan keuangan maka anggapan anda sepenuhnya belum tepat.

Mungkin, bila saat ini anda belum berhasil mengelola dan merencanakan keuangan, itu hanya karena anda belum mengetahui saja 3 kunci sukses dalam mengelola dan merencanakan keuangan.

Kunci sukses mengelola dan merencanakan keuangan ini sangatlah mudah untuk didapat dan anda gunakan. Bahkan, mungkin sudah anda mengetahui beberapa dari kunci sukses ini, tapi mungkin, ada yang terlewat dan belum anda lakukan.

Apa saja 3 kunci sukses dalam mengelola dan merencanakan keuangan?

Disiplin
Pertama, disiplin. Mudah bukan? Kata disiplin pasti sudah sering anda dengar sebelumnya. Tapi pertanyaannya, dalam mengelola dan merencakan keuangan itu, bagaimana cara disiplin yang baik?. Adakah perbedaan dengan disiplin dalam hal lainnya?.

Sayangnya, tidak ada perbedaan antara disiplin dalam keuangan dan disiplin dalam hal lainnya dalam hidup anda. Yang perlu anda lakukan sama persis dengan disiplin dalam hal lainnya yang juga mungkin anda lakukan.

Hanya, yang penting anda lakukan adalah disiplin atas batasan yang telah anda buat dan hal-hal yang harus anda lakukan dengan semua hal yang menyangkut keuangan anda. Jadi, jangan asal disiplin saja.

Sebelum anda memutuskan berdisiplin, anda harus tahu apa batasan diri anda. Misal, anda hanya punya jatah untuk jalan-jalan di bulan ini sebesar Rp500,000,- saja. Maka berdisiplinlah dan membatasi diri dengan itu.

Selain itu, anda juga harus disiplin atas hal yang harus anda lakukan dengan keuangan anda. Contohnya, anda memiliki niat untuk menabung/berinvestasi sejumlah Rp 1 juta per bulannya. Maka lakukanlah hal tersebut dengan tanpa banyak alasan setiap bulannya.

Disiplin itu tidak bisa datang secara tiba-tiba. Disiplin itu harus dilatih. Sebaiknya latihannya pun dari ketika kita masih muda. Nah sebelum bisa latihan anda harus mengerti cara berdisiplin keuangan.


Hal tersebut bisa dipelajari dan dilatih dari kelas dan workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Apakah cukup dengan disiplin untuk sukses mengelola dan merencanakan keuangan? Sayangnya belum.

Anda memerlukan kunci lain untuk sukses mengelola dan merencanakan keuangan yaitu melakukannya dengan konsisten. Kita akan bahas di artikel berikutnya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed