Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Jan 2019 09:50 WIB

Tips Cari Penginapan Murah untuk Milenial (2)

Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Hobi jalan-jalan? Pengin tahu bisa menginap alias punya akomodasi murah di tempat kunjungan Anda?

Di artikel sebelumnya sudah dibahas 3 tips bagaimana caranya agar bisa mendapatkan akomodasi murah. Yaitu
1. Mulai Menginap Dihari Minggu
2. Menginap Ditengah Minggu
3. Tinggal/Menginap Lebih Dari 1 Malam

Nah, apa lagi yang bisa Anda lakukan agar anda bisa mendapatkan akomodasi yang murah dalam acara liburan dan jalan-jalan Anda?

Lokasi

Salah satu yang penting untuk dipertimbangkan adalah lokasi tempat Anda menginap. Banyak hotel di pinggiran kota menawarkan harga yang murah dan miring.

Tapi penghematan Anda dari penginapan akan sia-sia ketika anda harus membayar biaya transport dari pinggiran kota ke tengah kota atau ke area turis yang letaknya jauh dari penginapan. Akibatnya biaya transport Anda menjadi besar, bahkan karena Anda harus bolak balik, biaya transport Anda lebih besar dari penghematan di akomodasi.

Hal ini pernah saya alami ketika kembali berkunjung ke Tokyo. Dahulu saya pernah tinggal di kota ini selama 5 tahun sehingga cukup hapal transportasi public dengan menggunakan komuter maupun subway.

Hotel tempat kami menginap di area turis mahal kota ini, sementara kami punya rencana untuk menengok sekolah kami dan rumah kami dulu dengan menggunakan transport public. Setelah dihitung-hitung, apabila kami sekeluarga memaksa mengunjungi sekolah dan rumah lama kami, biaya transport yang harus kami keluarkan bila di kurs ke Rupiah akan menjadi Jutaan.

Akibatnya kami urungkan niat kami, karena uang segitu bisa dipakai untuk makan enak dikota tersebut. Cari lokasi hotel ditengah kota atau yang dekat dengan tujuan wisata anda (tujuan turis).

Selain Anda menghemat secara keuangan untuk transport, makan, Anda juga akan menghemat secara waktu bepergian dari satu tempat ke tempat lain dan ke penginapan.

Pergi Di Tanggal Off Season (low season)

Setiap tahun terdapat dua jadwal liburan yang ramai sekali yaitu pertengahan tahun dan akhir tahun. Pertengahan tahun biasanya bertepatan dengan liburan anak sekolah. Sementara akhir tahun biasanya bertepatan dengan liburan tengah semester serta adanya perayaan pergantian tahun alias tahun baru.

Nah, pergi liburan di bulan-bulan adalah bulan yang tersibuk atau dikenal dengan high season.

Liburan tersibuk ditengah tahun biasanya lebih panjang yaitu dimulai dari akhir bulan Juni sampai dengan awal September. Di luar negeri ini dikenal dengan istilah Summer Break. Sementara liburan tersibuk diakhir tahun waktunya lebih singkat.

Biasanya dimulai di minggu ke 2 bulan Desember sampai minggu pertama bulan Januari, atau sekitar 3 minggu. Apabila Anda berangkat liburan dibulan-bulan ini maka dapat dijamin anda akan membayar biaya termahal yang bisa ditawarkan, dimulai dari transportasi seperti tiket pesawat, akomodasi termasuk juga tempat-tempat tujuan wisata.

So mau jalan-jalan murah dan dapatin penginapan murah? Pergilah di tanggal-tanggal off season, tergantung negara tujuan Anda.

Tapi biasanya tanggal-tanggal sepi adalah di sekitar bulan April-Mei (dengan pengecualian Jepang karena ada musim Sakura) serta September-Oktober. Selain Anda bisa mendapatkan biaya tiket dan hotel yang lebih murah, Anda juga bisa menghindari kerumunan turis yang biasaya ramai memenuhi tempat tersebut ketika musim liburan tiba.

Sewa Apartemen Berbagi Biaya

Anda berpergian beramai-ramai satu keluarga besar terdiri dari beberapa keluarga kecil? Akan lebih menghebat bila anda menyewa apartemen dengan 3 kamar tidur dan biaya ditanggung secara bersama-sama dibandingkan anda menyewa kamar hotel sendiri-sendiri.

Harga sewa apartemen memang lebih mahal (biasanya 2x lipat) dari harga kamar hotel. Tapi dengan jumlah kamar yang lebih banyak dan ruangan yang lebih besar, biaya permalam per orangnya akan menjadi lebih murah.

Belum lagi dengan menyewa apartemen, biasanya sudah dilengkapi dengan dapur dan peralatannya. Anda bisa memasak (paling tidak untuk sarapan) bagi keluarga anda, sehingga anda bisa menghemat biaya makan anda selama liburan.

Untuk bisa liburan dengan tenang dan hemat Anda juga harus mengerti cara merencanakan liburan. Belajar perencanaannya dengan ikutan workshop perencanaan keuangan dan investasi yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia http://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB .

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar info http://bit.ly/CPMM0119 dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana info http://bit.ly/WRD0119 .

Kelas juga akan diadakan di kota JOGJAKARTA, info bisa dilihat http://bit.ly/PMJOG219 dan di http://bit.ly/RDJOG219 .

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, Anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning info http://bit.ly/BFP0119 selain itu ada workshop Intermediate Financial Planning dan Advance Financial Planning. Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket).

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik t.me/seputarkeuangan .
Seru kan, masih banyak tips yang akan saya bahas di tulisan-tulisan berikutnya. Tunggu artikelnya minggu depan. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed