Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 06:56 WIB

3 Kunci Sukses Mengatur Duit (2)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Sudah dibahas dalam artikel sebelumnya bahwa salah satu kunci sukses dalam merencanakan keuangan adalah dengan disiplin. Bahkan disiplin tidak hanya kunci sukses dalam merencanakan keuangan tapi juga dalam hal apapun di kehidupan kita, termasuk karir, rumah tangga dan lain sebagainya. Nah, selain disiplin tadi, apalagi kunci sukses yang harus anda lakukan agar keuangan anda juga menjadi sukses?

Konsisten
Tanpa adanya konsistensi, mustahil anda bisa sukses mengelola dan merencanakan keuangan. Selain disiplin, konsistensi adalah hal yang biasanya paling sulit dilakukan oleh orang-orang dalam melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Lalu, apa bedanya disiplin dan konsisten? Disiplin adalah tentang bagaimana anda tunduk dan patuh terhadap apa yang telah anda buat untuk keuangan anda. Tetapi konsistensi adalah tentang bagaimana anda bisa melakukan disiplin tersebut berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan.

Ada sebuah cara agar anda bisa mudah menjadi seseorang yang konsisten dalam melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan. Sederhana saja sebenarnya, mulai dari hal yang kecil dan lakukan setiap hari dalam kehidupan anda.

Misal, anda ingin bisa menabung sejumlah uang dalam satu bulan. Yang perlu anda lakukan bukanlah memotong uangnya di depan, tetapi yang perlu anda lakukan adalah menyisihkan uang kembalian belanja anda berapapun besarnya dan menempatkannya di "kantong" yang berbeda.

Katakanlah, hari ini besarnya hanya Rp 20.000 saja, besoknya Rp 10.000 saja. Tetapi bila dikumpulkan bisa saja hasilnya menjadi Rp 500.000 kan? Nah, lakukan ini terus sehingga jadi kebiasaan. Sehingga, pengelolaan perencanaan keuangan yang anda lakukan tidak akan bersifat -maaf- "hangat-hangat kotoran ayam."

Sampai di sini, apakah disiplin dan konsisten cukup untuk bisa sukses mengelola dan merencanakan keuangan? Sayangnya belum. Anda masih butuh satu kunci untuk sukses mengelola dan merencanakan keuangan, kunci terakhir adalah memulai dari saat ini juga!.

Mulai dari saat ini
Tidak ada artinya anda mengetahui bahwa ada dua kunci yaitu disiplin dan konsistensi untuk sukses mengelola dan merencanakan keuangan tanpa anda memulai untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan.

Dalam hal ini, anda tidak perlu memulai dengan hal yang ekstrim untuk mengubah kebiasaan anda dalam melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan. Santai saja. Bila anda sudah membuat budget untuk hemat Rp1juta dan berhasil hanya Rp 500 ribu saja, tak masalah.

Lebih baik memulai dan berhasil sedikit daripada tidak memulai sama sekali bukan?. Bila anda belum berhasil bulan ini, maafkan diri anda dan coba kembali di bulan berikutnya. Jadikan kegagalan dalam pengelolaan dan perencanaan keuangan di bulan sebelumnya sebagai pelajaran.

Setelah semuanya menjadi kebiasaan, lalu kembangkan lagi pengelolaan keuangan anda tidak hanya untuk satu atau dua bulan saja. Mulai pikirkan bagaimana tujuan keuangan anda untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Tapi sebelum sampai ke situ, mulai dari yang mudah dulu saja ya!


Mulai dari yang mudah itu salah satunya dengan mengikuti kelas atau workshop perencanaan keuangan dan investasi yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Semoga berhasil dengan keuangan anda.

Chao!


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed