Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Jan 2019 07:17 WIB

Tips Cari Penginapan Murah untuk Milenial (3)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Ilustrasi Foto: M Rofiq/dTraveler Ilustrasi Foto: M Rofiq/d'Traveler
Jakarta - Salah satu biaya terbesar selain tiket ketika anda melakukan perjalanan atau liburan adalah biaya penginapan atau akomodasi. Besarnya biaya akomodasi sendiri akan bertambah apabila lama liburan/perjalanan anda bertambah.

Di sinilah letak dilemanya. Semakin lama anda berlibur maka biayanya akan semakin membengkak. Dalam 2 artikel sebelumnya telah dibahas tips dan trik agar anda bisa mendapatkan biaya akomodasi yang murah. Antara lain:
  1. Mulai Menginap di Hari Minggu
  2. Menginap di Tengah Minggu
  3. Tinggal/Menginap Lebih Dari 1 Malam
  4. Lokasi
  5. Pergi di Tanggal Off Season (low season)
  6. Sewa Apartemen Berbagi Biaya


Kali ini kita akan membahas lanjutan dari tips tersebut agar anda tetap bisa liburan dan melakukan perjalanan dengan biaya yang nyaman untuk kantong anda.

Tinggal di Hostel Atau Losmen
Bagi anda yang melakukan perjalanan sendirian atau bersama beberapa orang teman, tinggal di hostel sendirian merupakan salah satu alternatif yang seru dan murah. Hostel ini di Indonesia lebih dikenal dengan istilah losmen, sementara di luar negeri seperti di Singapore salah satunya dikenal dengan nama YMCA.

Single traveler atau pelancong sendiri akan berjumpa dan berkenalan dengan banyak orang bila menginap di penginapan jenis ini. Bahkan anda bisa berbagi biaya lainnya bila tujuan wisata anda ternyata sama.

Adik saya yang milenial, single dan sering jalan-jalan keluar negeri selalu memanfaatkan penginapan jenis ini bila dia liburan sendiri atau saat transit di suatu kota sebelum janjian ketemu dengan teman-temannya yang lain. Di negara dan kota di mana penginapan mahal seperti di Singapura, maka penginapan jenis ini akan sangat menghebat keuangan anda.

Tinggal di Pinggir Kota (perhatikan biaya transport)
Dalam artikel-artikel sebelumnya saya menyarankan agar anda tinggal di tengah kota di dekat tujuan wisata anda agar biaya transportasi anda tidak terlalu mahal. Akan tetapi di beberapa kota di mana tinggal di tengah kota biayanya sangat mahal sementara biaya transportasi publik sangat murah (mungkin disubsidi), maka pilihan untuk tinggal di pinggiran kota menjadi alternatif yang bagus dan aman untuk kantong anda.

Tapi jangan lupa juga anda harus perhitungkan antara jumlah peserta yang ikut liburan dengan anda dan ongkos transportasinya. Bila anda berpergian sendiri atau berdua pasangan maka biaya transportasi publik mungkin rendah.

Tapi bila anda berpergian dengan keluarga (pasangan, anak, orang tua), anda harus menghitung biaya transportasi bersama (misalnya taxi vs kereta) untuk dibandingkan dengan biaya menginap di tengah kota.

Pesan Kamar Tanpa Biaya Pembatalan
Di era digital seperti saat ini, banyak hotel dan tempat penginapan yang menawarkan harga kamar yang murah tapi dengan syarat tidak bisa dibatalkan. Ketika anda liburan (terutama dengan keluarga), maka unsur ketidakpastian akan menjadi sangat tinggi.

Anda harus mencari penginapan murah yang bebas biaya pembatalan atau perpanjangan (extend). Jangan sampai anda beli murah, tapi kemudian terjadi perubahan anda tidak bisa mengubah jadwal anda, akibatnya uang anda hangus dan hilang. Anda rugi.

Cek Opsi Sarapan dan Makan Malam
Ketika saya berpergian baik untuk kerja maupun liburan saya jarang sekali makan pagi (sarapan) dan makan malam di hotel. Mengapa demikian? Selain saya sudah bosan dengan makanan hotel yang rasanya gitu-gitu saja (mirip-mirip), hobi saya yang lain adalah wisata kuliner dengan memakan makanan orang lokal setempat saat sarapan.

Untuk itu memang anda harus berjalan keluar dari hotel dan mencari makanan yang enak di sekitar hotel. Tapi percayalah, selain makanannya lebih enak, lokal, dan otentik, secara harga juga biasanya lebih murah, sehingga anda bisa menghemat harga kamar hotel anda.

Hal ini tetap harus diperhitungkan lagi bila anda membawa anak (terutama yang masih sangat kecil) dan orang tua yang sulit untuk berjalan jauh. Selain itu juga, bila jadwal anda padat di mana anda tidak sempat keluar mencari makanan lokal, maka pilihan makan di hotel menjadi lebih mudah.

Ingat murah belum tentu cocok untuk anda. Itu sebabnya harus dilakukan perencanaan dan perhitungan secara lebih detil dan mendalam. Sama halnya seperti perencanaan keuangan yang harus dipersiapkan dengan baik.


Anda bisa belajar pola ini dengan mengikuti workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.


Artikel berikutnya masih membahas trik-trik lain agar anda bisa jalan-jalan dan liburan secara murah dan tidak menguras isi kantong anda sehingga membuat anda bangkrut.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed