Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Feb 2019 07:52 WIB

Masih Bayar Kartu Kredit di Tagihan Minimum? Jangan Lagi Deh

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kartu kredit memang bisa menjadi gaya hidup. Kemudahan yang diberikan seringkali membuat seseorang menjadi lupa kalau ternyata penggunaan kartu kredit yang seharusnya meringankan malah menjadi beban karena bunga yang tidak sedikit.

Untuk Anda yang memiliki hobi hanya membayar cicilan minumnya, berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui agar Anda tidak terjebak bunga kartu kredit yang ternyata besar.

1. Pembayaran minimal hanya melunasi 5% dari pokok utang
Jika Anda berpikir dengan membayar cicilan minimal kartu kredit maka Anda akan bisa melunasi pokok utang, ternyata tidak demikian yang terjadi. Dari total tagihan minimal yang wajib Anda bayarkan, ternyata cicilan minimal tersebut hanya 20-40% bagiannya lah yang berupa pelunasan utang atau setara 5-10 dari tagihan minimal yang dibayarkan.

2. Bunga yang dikenakan dihitung per tahun, atau bunga berbunga
Berapakah bunga kartu kredit yang Anda miliki? Apabila bunga kartu kredit yang tertera adalah sebesar 4% per bulan, maka bunga yang sebenarnya dikenakan ke Anda adalah sebesar 48% dari pokok utang yang kemudian dibagi menjadi 12 bagian.

3. Bunga yang dibebankan juga merupakan bunga harian
Jadi tagihan Anda akan membesar. Apabila masih ada tagihan yang berjalan, beberapa kartu kredit akan menerapkan system bunga ber bunga pada tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Jadi, Anda tidak usah heran walau telah membayar tagihan minimal, tapi sepertinya total tagihan yang Anda bayarkan sepertinya tidak mengurangi nilai pokok utang.

4. Pembayaran minimal 15% baru akan bisa melunasi tagihan selama 1 tahun
Apabila Anda melakukan pembayaran minimal 15% saja dari total tagihan, maka pokok utang baru akan lunas setelah 1 tahun atau 12 kali pembayaran. Dan hal ini sama saja Anda sudah menjadi donatur kartu kredit sedikitnya sebesar 48% dari total pemakaian.

5. Cicilan 0% akan mengurangi batas kredit dan akan ikut berbunga kalau tidak dilunasi
Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini adalah pembayaran 0%. Hal ini sangat membantu meringankan, namun kalau ternyata Anda juga mempergunakan kartu kredit ini untuk keperluan lain, maka cicilan minimal ini akan ditambahkan dengan cicilan 0%.

Hati-hati, beberapa kartu kredit akan membebankan bunga juga kalau tagihan baru tidak dilunasi. Jadi perhatikan baik-baik tagihan yang Anda terima.

Live a beautiful life!

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed