Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Feb 2019 07:58 WIB

Kerennya Seorang Freelancer (2)

Ila Abdulrahman - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
lustrasi Pekerja Freelancer. Foto: Pixabay lustrasi Pekerja Freelancer. Foto: Pixabay
Jakarta - Dalam tulisan sebelumya sudah dibahas secara singkat keuntungan dan kekurangannya bila anda bekerja menjadi seorang freelancer atau pekerja paruh waktu. Nah, kali ni kita akan bahas 8 fakta dan tips keuangan untuk pekerja lepas itu?

Penghasilan
Pekerja lepas, memiliki pendapatan yang tidak tetap atau fluktuasi, kadang banyak, kadang sedikit. Untuk standard hidup, maka yang digunakan adalah penghasilan rata-rata per bulan. Rataan bisa diperoleh dari histori rata-rata penghasilan dalam setahun atau lebih akan lebih baik.

Misal penghasilan dari Januari sampai dengan Desember 2018 naik turun dengan total sebesar Rp 240 juta, maka rata-rata pendapatan per bulan sebesar Rp 20 juta. Angka inilah yang dijadikan dasar, dianggap sebagai pendapatan per bulan.

Pengeluaran Bersifat Tetap
Meski pekerja lepas memiliki penghasilan yang tidak tetap, tetapi pengeluaran bersifat tetap, mulai dari pengeluaran sosial, rumah tangga, konsumsi, transportasi, telekomunikasi, dll.

Budgeting
Budgeting pengeluaran per bulan didasarkan pada income rata-rata per bulan, untuk contoh di atas, maka anggaran pengeluaran per bulan lebih kecil dari Rp 20 Juta. Ingat bahwa cash flow harus positif, artinya, setiap bulan harus ada sisa.

Rekening
Jumlah rekening seorang pekerja lepas setidaknya ada 4, untuk penerimaan dan pengeluaran yang berhubungan dengan pekerjaan, untuk penerimaan dan pengeluaran rumah tangga, dan untuk debit investasi dan penyimpanan dana darurat, serta rekening sisa pendapatan, saat memperoleh income di atas rata-rata per bulan.

Dana Darurat
Dana darurat pekerja lepas karena kondisi income yang fluktuasi dan tidak adanya tunjangan, maka tentu berbeda dengan dana darurat karyawan pada umumnya. Dana darurat seorang freelancer setidaknya 2 kali dana darurat pada umumnya.

Misal jika karyawan single belum ada tanggungan, jumlah dana daruratnya 4 kali pengeluaran, maka seorang pekerja lepas setidaknya 8 kali pengeluaran.

Asuransi
Pada umumnya karyawan akan mendapat fasilitas asuransi kesehatan dari tempat ia bekerja, pekerja lepas harus menyediakan sendiri asuransi kesehatan ini dilengkapi dengan asuransi atau proteksi income dan proteksi aset.

Pinjaman
Pekerja lepas sebaiknya menghindari memiliki cicilan bulanan. Pembelian barang dibeli secara tunai, pembayaran tagihan kartu kredit juga dibayar lunas, hindari menggunakan fasilitas cicilan tetap, ataupun cicilan 0%.

Investasi
Strategi investasi tujuan keuangan, baik dana pensiun, dana pendidikan maupun lainnya, perlu strategi khusus, tidak bisa menggunakan strategi seperti kebanyakan orang yang memiliki penghasilan tetap, baik jumlah maupun tanggal.

Jika yang berpendapatan tetap dapat menggunakan semua strategi penempatan investasi, berkala, maupun sekaligus, pekerja lepas mungkin hanya bisa menggunakan strategi penempatan sekaligus, sekaligus yang dibertahapkan.

Kewajiban
Utama dan pertama dari semua tips di atas adalah meski anda seorang freelancer, tetap harus mengeluarkan hak Allah, berupa zakat bagi yang muslim, atau porsi sosial seperti derma atau perpuluhan, setiap menerima pembayaran, dan diberikan kepada yang berhak. Dalam Islam ada 8 golongan yang berhak akan zakat.


Penting bagi seorang feelancer untuk bisa mengatur keuangan serta berinvestasi, mengingat penghasilan yang belum tentu stabil setiap bulan. Hal-hal di atas bisa anda belajar melalui kelas atau workshop Perencanaan Keuangan dan Investasi yang dilaksanakan oleh tim ARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Nah, demikian sekilas tentang keuangan freelancer atau pekerja lepas. Semoga bermanfaat. Salam financial!


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com