Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Apr 2019 17:37 WIB

Dear Millenial, Intip Cara Kelola Keuangan untuk Capai Impian

Tia Reisha - detikFinance
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Semakin hari kebutuhan millenial semakin beragam, bukan sekadar untuk kebutuhan harian, tapi juga untuk kebutuhan dalam mencapai hal-hal yang diimpikan, misalnya liburan. Untuk mencapai hal tersebut tentu dibutuhkan kemampuan mengelola keuangan yang tepat.

Seorang karyawan swasta yang bekerja di industri media, Nabilla (24) menceritakan caranya mengelola keuangan dengan biaya hidup per bulan Rp 3 juta di luar biaya kos. Dari uang sebanyak itu, ia berniat menyisihkan uangnya untuk biaya liburan di akhir tahun 2019.

Ketahui Kemampuan Finansial

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencatat jumlah pemasukan bulanan di luar biaya kos. Setelah itu, coba buat rincian pengeluaran normal setiap bulan. Misalnya, Nabilla memiliki biaya hidup per bulan Rp 3 juta di luar biaya kos.

Untuk uang makan, ia bisa mengeluarkan Rp 40 ribu dalam sehari. Jika dikali sebulan atau 30 hari, ia bisa menghabiskan Rp 1,2 juta dalam sebulan untuk biaya makan. Selama kerja, ia juga suka membeli kopi kekinian seharga Rp 15 ribu dikali 20 hari kerja dengan total Rp 300 ribu.

Lalu untuk transportasi dari kos ke kantor, Nabilla memerlukan Rp 14 ribu per hari di kali 20 hari kerja, totalnya adalah Rp 280 ribu. Sedangkan untuk kebutuhan bulanan seperti kosmetik, shopping, dan lainnya, Nabilla bisa mengeluarkan biaya hingga Rp 500 ribu.

Dengan pengeluaran sebanyak itu, ia hanya bisa menyisakan Rp 720 ribu dari uang sebesar Rp 3 juta yang ia dapatkan per bulan di luar biaya kos.

Ubah Pengeluaran Jadi Tabungan

Menyadari pengeluaran terbesarnya adalah makan, Nabilla memutuskan untuk mengurangi pengeluaran tersebut tanpa mengesampingkan urusan perut. Caranya, ia mengganti menu ayam menjadi telur yang juga merupakan sumber protein. Dengan lauk telur dan sayur, Nabilla cukup mengeluarkan Rp 30 ribu sehari atau Rp 900 ribu per bulan.

Lalu, ia pun memutuskan untuk bangun lebih pagi dan berangkat bekerja dengan jalan kaki. Ia pun hanya menganggarkan biaya transportasi per bulan sebesar Rp 50 ribu untuk berjaga-jaga jika sekali-kali ia telat. Ia juga memutuskan untuk mengurangi kebiasaan ngopi dan hanya menyimpan biaya sebesar Rp 150 ribu untuk keinginannya yang satu ini.

Namun tidak bisa dipungkiri, sebagai seorang wanita, ia tetap membutuhkan biaya bulanan khusus sebesar Rp 500 ribu untuk kosmetik, shopping, dan lainnya. Menurutnya, ini merupakan biaya paling minim untuk kebutuhan tersebut bagi seorang wanita.

Dengan memangkas biaya pengeluaran, Nabilla bisa meyisihkan 2 kali lipat dari sebelumnya, yakni Rp 1,4 juta dari uang sebesar Rp 3 juta per bulan di luar biaya kos.

Sisihkan Uang Tabungan dengan Dream Saver

Uang yang ia sisihkan sebesar Rp 1,4 juta per bulan ia tabungkan dalam aplikasi perbankan, Jenius, melalui salah satu fiturnya yang bernama Dream Saver. Agar lebih disiplin saat menabung, ia secara konsisten menabungkan uangnya di awal bulan agar tidak lupa menabung dan terhindar dari godaan belanja online.

Dilansir dari keterangan resminya, Jenius adalah aplikasi perbankan revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit GPN dan Visa untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simple. Semuanya dapat dilakukan hanya melalui smartphone.

Sedangkan fitur Dream Saver membuat Nabilla makin giat menabung karena tabungannya otomatis berbunga setara deposito atau 5% p.a dan bisa diatur sesuai kebutuhan. Fitur ini dapat digunakan tanpa perlu pergi ke bank untuk membuka rekening baru. Bahkan, pengguna bisa membuat hingga 10 tabungan di Dream Saver untuk berbagai tujuan yang berbeda. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com