Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 02 Apr 2019 07:20 WIB

Beli Rumah Nanti dengan Harga Sekarang (2)

Baratadewa Sakti Perdana - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Membangun rumah sendiri? Apa saja yang harus anda persiapkan selain dana? Mengapa penting karena ujung-ujungnya pasti nyasar ke duit alias dana. Nah apa saja tuh? Yuk kita simak.

1. Tentukan Konsep Rumah Anda
Pada saat ini rumah minimalis menjadi favorit kebanyakan keluarga milenial. Rumah tipe minimalis adalah rumah dengan konsep pengaturan perabot yang seminimal mungkin dengan desain yang modern.

Rumah minimalis terinspirasi dari gaya hidup Zen berasal dari Jepang, di mana semakin sedikit perabotan yang dimiliki dianggap menjadikan tinggal semakin nyaman dan tenang.

Rumah minimalis memiliki beberapa tipe, tipe 36, tipe 45, tipe 54 dan lain-lainnya. Yang dimaksud dengan angka pada tipe ini adalah ukuran bangunan rumah dalam skala meter persegi.

Akan tetapi ada juga rumah minimalis dengan tipe 45/60 yang berarti luas bangunan rumah adalah 45 meter persegi dan luas tanah adalah 60 meter persegi.

Dari situ Anda kemudian dapat membuat rancangan anggarannya baru kemudian berusaha mengumpulkan modal. Rumah minimalis memang lebih nyaman ditempati bagi keluarga kecil yang lebih menyukai konsep perabotan minim di dalam rumah, karena lebih mudah dirawat dan praktis untuk diletakkan di dalam rumah.

Biasanya konsep membangun atau membuat rumah minimalis ini biayanya bervariasi. Bisa saja lebih kecil atau lebih besar ketimbang rumah yang sudah jadi. Semua biaya akan tergantung pada pilihan material, bahan bangunan dan perlengkapan atau aksesori yang digunakan.

Sebagai panduan Anda bila memilih berencana membuat rumah minimalis sebagai hunian masa depan, dapat menyimak estimasi uraian biaya berikut ini.

2. Siapkan Dana untuk Membeli Tanah Kavling
Sebagai gambaran untuk tanah kavling ukuran luas 70 meter persegi jika harga per meter luas tanah saat ini dianggap berkisar di angka Rp 1,5 juta /m2. Maka untuk membeli tanah tersebut, Anda harus membayar Rp 1,5 juta/m2 x 70m2 = Rp 105 juta.

Untuk dana terbatas, kesempatan memiliki tanah kavling dapat dilakukan dengan cara membeli secara tidak tunai. Uang muka untuk pembelian sistem cicilan ini biasanya mulai 20% dari harga jualnya.

Oleh karena itu, metode ini memang lebih nyaman untuk dapat dicapai pada target waktu minimal pada golongan jangka menengah atau biasanya tiga hingga lima tahun kemudian.

3. Ongkos Jasa Tukang
Selanjutnya yang harus dicari ketika ingin membuat rumah minimalis adalah jasa tukang. Keberadaan tukang sangat penting karena merekalah penggerak terwujudnya rumah minimalis Anda.

Dalam hal ini Anda perlu memikirkan jumlah tukang yang hendak diperkerjakan untuk membuat rumah minimalis sesuai konsep Anda.

Biasanya untuk membangun rumah minimalis diperlukan tukang terampil disertai dengan asisten yang akan membantu menangani pekerjaannya. Kemudian dalam memilih sistem pembayaran pekerja, akan ada dua pilihan yaitu pekerja harian dan pekerja borongan.

Harga untuk mempekerjakan tukang borongan memang lebih murah namun hasil pekerjaannya seringkali mengecewakan. Hal ini dikarenakan pekerja borongan dibayar lebih murah dan dituntut bekerja tepat waktu sehingga mereka seringkali mengabaikan hasil sesuai keinginan penyewa jasa mereka.

Oleh karena itu, memilih mempekerjakan tukang harian menjadi lebih direkomendasikan. Dan dengan jumlah pekerja yang lebih banyak, maka rumah idaman akan lebih cepat selesai. Sedangkan pengawasan pengerjaannya agar kualitas bangunan sesuai idaman dapat Anda diskusikan dengan mandor.

Perhitungan membangun rumah harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Yang sering terjadi adalah anda over budget alias banyak maunya akibatnya biaya membangun rumah menjadi bengkak tidak karuan.


Belajar membuat bujet rumah seperti halnya membuat bujet rumah tangga bisa dipelajari di workshop-workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket).

Mumpung bulannya pesta demokrasi, tanyakan juga adanya DISKON PESTA DEMOKRASI hanya di bulan April ini saja. Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Yang harus selalu diingat adalah ongkos membangun rumah akan sangat tergantung dari berapa besar keinginan anda. Semakin banyak "maunya" maka akan semakin mahal dan lewati anggaran lah biaya membangun rumah anda.

Di artikel berikutnya akan dibahas berapa besarnya biaya konstruksi dan bahan bangunan sehingga anda bisa mempersiapkan perhitungan pembangunan rumah anda dengan lebih matang.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed