Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Apr 2019 07:59 WIB

Ramadan Sebentar Lagi, Sudah Siapkan 3 Biaya Ini? (1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Sebentar lagi bulan Ramadan segera tiba. Mungkin bagi beberapa dari anda yang cukup sibuk dengan rutinitas harian, rasanya baru saja Lebaran berlalu eh ternyata botol-botol sirup sudah mentereng dipajang di bagian depan supermarket kesayangan.

Selain identik dengan ibadah puasa bagi anda yang beragama Islam, Ramadan juga identik dengan acara-acara yang cukup menguras kantong seperti buka bersama, sahur on the road, dan yang paling memakan banyak biaya adalah mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran.

Jangan sampai, anda tidak mengeluarkan uang untuk makan siang di bulan Ramadan tetapi uang yang dikeluarkan bisa berkali lipat dibandingkan bulan-bulan biasanya. Apalagi, bila Tunjangan Hari Raya (THR) yang anda dapatkan ternyata habis begitu saja.

Oleh karenanya, yang penting untuk anda persiapkan bukan hanya tentang mental menghadapi Ramadan, tetapi anda juga harus mempersiapkan apa saja yang mungkin anda harus keluarkan selain biaya untuk mudik bagi anda dan keluarga.

Bila anda tidak ingin mengulangi kesalahan-kesalahan keuangan seperti yang telah anda lakukan pada tahun sebelumnya, maka saat ini adalah saat yang sangat tepat untuk merencanakan semuanya, terutama biaya-biaya yang kadang anda lupakan.

Hal-hal ini biasanya anda lupakan dan kemudian terlewat untuk dipersiapkan karena anda anggap hanya biaya remahan saja. Padahal, biaya-biaya ini penting untuk anda persiapkan sebelum menghadapi (sampai dengan setelah) Ramadan.

1. Biaya Buka Puasa Bersama
Buka puasa bersama adalah sebuah tradisi yang akan selalu ada di setiap bulan Ramadan. Mustahil rasanya untuk menghilangkan tradisi ini. Karena memang, buka puasa bersama adalah saat yang sangat pas untuk bercengkrama bersama.

Sehingga tidak aneh, kadang ada dalam satu pekan akan terjadi bentrokan jadwal buka puasa bersama antara teman komunitas olahraga dengan teman komunitas otomotif, teman kerja dengan teman satu rukun warga.

Biasanya, jadwal buka puasa bersama mulai berdatangan di pekan ke 2 bulan Ramadan. Mulai dari sejak saat itu sampai dengan menjelang musim mudik tiba, undangan buka puasa bersama untuk menjalin kebahagiaan datang tiada hentinya.

Bahkan, sesampainya di kampung halaman pun undangan buka puasa akan kembali berdatangan. Biasanya, undangan dari teman sekolah semasa SD, SMP dan juga SMU. Momen yang sulit untuk ditolak karena memang baik dan membahagiakan.

Sayangnya, adanya tradisi baik ini (kadang) tidak diiringi dengan perencanaan keuangan yang baik pula. Maka tidak aneh bila banyak cerita orang bocor keuangannya karena kebanyakan buka puasa bersama. Anda pernah mengalaminya?.

Dalam hal ini, bukan berarti buka puasa bersama membawa pada ketidakbaikan atau berarti anda harus menolak undangan buka puasa bersama. Tapi, yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan dan mengelola budget buka puasa bersama dengan baik untuk kebaikan anda sendiri.

Sesederhana dengan tidak makan makanan besar di tempat buka puasa bersama dan makan besar di rumah saja, atau buka puasa seadanya dan menuntaskan shalat maghrib terlebih dahulu baru makan bersama dengan teman lainnya. Cara ini biasanya akan memotong biaya 1 porsi makanan dan minuman.

Tentu anda nggak mau dong bila Tunjangan Hari Raya yang seharusnya dijadikan bekal mudik, akhirnya malah dijadikan sebagai bekal penyambung hidup karena dana bulanan sudah habis duluan karena kebanyakan agenda buka puasa bersama?


Ternyata menarik ya, padahal Lebaran / hari raya itu adalah acara tahunan tetapi masih banyak yang tidak mempersiapkan dengan baik dan benar. Kalau mau lebih detil lagi, bisa belajar di workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara
Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun,
info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop
Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket).

Mumpung
bulannya pesta demokrasi, tanyakan juga adanya DISKON PESTA DEMOKRASI hanya di bulan April ini saja. Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar Keuangan" atau klik di sini.

Apalagi yang harus anda persiapkan? Ikuti di artikel berikutnya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com