Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Mei 2019 06:20 WIB

Ramadan Sebentar Lagi, Sudah Mempersiapkan 3 Biaya Ini? (2)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Karena sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan, dan di bulan itu selain berpuasa dan beribadah juga identik dengan bulan dimana pengeluaran kita meningkat, maka dibutuhkan strategi untuk bisa mengatasi kenaikan pengeluaran ini agar kantong kita tidak jebol. Di artikel sebelumnya dibahas biaya yang akan membuat kantong anda jebol yaitu

1. Biaya Buka Puasa Bersama
Selain berbuka puasa bersama, apalagi sih yang berpotensi membuat kantong kita berantakan?

2. Biaya Salam Tempel
Setelah anda mengarungi ujian menahan hawa nafsu selama Ramadan, maka anda harus bersiap untuk ujian selanjutnya yang hadir pada hari lebaran, yaitu ujian keikhlasan. Terutama bagi anda yang sudah berpenghasilan, diperlukan keikhlasan untuk memberikan salam tempel kepada siapapun saudara yang usianya lebih kecil dari anda.

Jumlahnya memang kecil, namun repetisinya lumayan banyak. Apalagi anda memiliki keponakan yang cukup banyak jumlahnya. Bila satu keponakan anda berikan salam tempel Rp 10.000 saja, maka dua puluh keponakan artinya anda mengeluarkan Rp 200.000.

Belum lagi, pihak-pihak lain seperti satpam kantor, satpam komplek, office boy, asisten rumah tangga dan lain sebagainya. Masa iya besarannya sama dengan salam tempel dengan keponakan-keponakan anda? Tentu besarannya lebih dari itu, kan?

Bayangkan, Anda tidak mempersiapkan semuanya, Sedangkan permintaan salam tempel terus menerus berdatangan, tidak hanya di hari pertama tetapi sampai dengan tiga hari setelah lebaran. Tentunya, bila anda tidak pernah mempersiapkan budget salam tempel, hal yang terjadi selanjutnya adalah keteteran dan malu, bukan?

Trik yang bisa anda lakukan adalah memperbanyak lembaran uangnya meski jumlah nominalnya segitu-segitu saja. Sekali lagi, yang bisa anda lakukan adalah memperbanyak lembaran uangnya meski nominalnya segitu-segitu saja.

Misalkan, anda ingin memberikan Rp 20.000 kepada masing-masing keponakan maka yang perlu anda lakukan adalah mencari pecahan Rp2 ribu dan memberikan 10 lembar kepada masing-masing keponakan anda.

Tentu akan lebih seru bagi anda membagi dan bagi para keponakan menerima 10 lembar daripada 1 lembar saja kan?. Lebih seru bagi anda membagi dan bagi para keponakan menerima 10 lembar Rp 2 ribu kan daripada hanya memegang selembar Rp 20 ribu saja?

Tapi trik ini tidak berlaku bagi orang-orang di sekitar anda yang memang membantu anda sehari-hari seperti satpam kantor, satpam komplek, office boy, asisten rumah tangga, petugas kebersihan dan lain sebagainya. Bagi mereka, anda perlu memberikan nominal yang cukup dan bahkan lebih dari biasanya.

Bagi mereka yang ada di kategori ini, yang harus anda lakukan adalah membuat daftar siapa saja yang ingin anda beri salam tempel. Selain itu, tentukan juga besarannya. Dana untuk biaya ini bisa anda ambil dari Tunjangan Hari Raya yang anda terima.

Kelihatannya simpel bukan? Padahal kalau tidak dipersiapkan bisa membuat keuangan anda berantakan, apalagi yang punya saudara dan keponakan banyak. Sama halnya seperti keuangan pribadi anda yang tidak dikelola dengan baik akan membuat keuangan bulanan anda berantakan.

Untuk bisa mengelolanya ikuti workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning selain itu ada workshop Intermediate Financial Planning dan Advance Financial Planning.

Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket).

Hanya di bulan Ramadan saja (1x setahun) juga akan dibuka workshop Perencanaan Keuangan Syariah, info bisa dibuka di sini.

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami "Seputar keuangan" atau klik ini. Di artikel berikutnya (terakhir) akan dibahas biaya ke 3 yang bisa membuat keuangan anda berantakan di bulan Ramadan ini. Simak terus ya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed