Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Mei 2019 04:10 WIB

Begini Atur Isi Dompet Biar Tak Boncos di Bulan Puasa

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Saat bulan suci ramadhan tiba kita harus pandai-pandai mengatur isi dompet agar tak boncos. Pasalnya masyarakat cenderung lebih konsumtif saat bulan puasa.

Perencana Keuangan Financia Consulting Eko Endarto menjelaskan, potensi borosnya pengeluaran ada pada menu bukaan yang berlebihan, menerima ajakan bukber dari mana-mana, hingga tergoda diskon yang bertebaran. Hal itu tentu harus disikapi dengan bijak.

Menyikapi ajakan bukber misalnya, menurut dia tak perlu semuanya diikuti. Paling tidak dipilih mana yang paling bermanfaat. Sebagai contoh, bukber yang bermanfaat bisa mendatangkan nilai tambah seperti ajakan berbisnis maupun memperluas relasi.


"Kalau nggak, ya lebih baik dipilih-pilih, yang tidak memberikan manfaat terlalu tinggi ke dirinya itu lebih baik ditahan. Kalau diikuti bisa nggak ada habisnya kan," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Kita juga harus sebisa mungkin menahan diri dari godaan diskon yang ada, mengingat banyak diskon yang menggiurkan baik di mal maupun toko online.

"Iya, jadi kalau mau nahan sih tinggal dirinya mau apa nggak gitu lho," sebutnya.


Pada intinya harus diingat mana yang jadi pengeluaran prioritas dan mana yang tidak. Paling tidak jangan sampai keteteran saat lebaran karena pengeluaran tak kalah banyaknya.

"Nah jadi memang tadi, pertama buat prioritas. Kedua, tahu tujuan jangka panjangnya, sama tujuan mereka sebenarnya di lebarannya bukan hanya di puasa sebulan saja," tambahnya.


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com