Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 14:39 WIB

Biar Gaji Bulanan Tak Terganggu, Begini Cara Alokasikan THR

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Uang tunjangan hari raya (THR) harus dialokasikan untuk 5 kebutuhan prioritas dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Perencana keuangan Safir Senduk mengatakan, lima prioritas tersebut mulai dari memberikan THR kepada asisten rumah tangga hingga memanjakan diri dengan berekreasi.

"Jadi sebenarnya THR itu ada UU ada aturannya. Maksudnya supaya karyawan gaji bulanan tidak terganggu," kata Safir saat dihubungi detikFinance, Jakarya, Senin (27/5/2019).


Lima kebutuhan prioritas yang harus dipenuhi dengan uang THR. Pertama, memberikan THR kepada asisten rumah tangga atau sopir.

"Kedua, THR juga disisih untuk mudik," ujar dia.

Khusus yang mudik, biasanya uang THR untuk menambal pengeluaran seperti beli tiket yang dibuka jauh sebelum Lebaran dan dibayarkan menggunakan gaji bulanan.


Ketiga, kata Safir, uang THR disisihkan juga untuk membeli bahan makanan selama Lebaran. Sebab, selama Lebaran pasti ada saudara atau tetangga yang bakal datang ke rumah.

"Jadi kita yang mengunjungi atau dikunjungi. Bisa juga memberikan uang kepada saudara tertua untuk membeli bahan makanan," ujar dia.

Keempat, uang THR juga disisihkan untuk memberi uang kepada sanak saudara kita. Hal ini juga sudah menjadi tradisi.

Sedangkan yang kelima, gunakan uang THR untuk rekreasi atau memanjakan keluarga ke lokasi pariwisata atau hanya sekedar berjalan-jalan di mal selama libur Lebaran. (hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed