Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Jun 2019 02:58 WIB

Jangan Lewatkan Ini saat Mudik Biar Kantong Nggak Jebol (1)

Bareyn Mochaddin – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Ilustrasi Pemudik/Foto: Rifkianto Nugroho Ilustrasi Pemudik/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Meski persiapan keuangan dalam menghadapi mudik Lebaran dirasa sudah maksimal, sayangnya masih ada beberapa hal yang terlewatkan. Padahal, beberapa hal ini merupakan hal yang cukup krusial agar mudik Lebaran tetap aman dan nyaman dalam hal keuangan.

Beberapa hal ini kadang dianggap sepele, karena memang tidak menjadi perhatian utama ketika mudik. Namun, dengan tidak mempersiapkan dua hal ini, berpotensi membuat seseorang jebol kantong saat menghadapi lebaran atau setelah lebaran.

Lalu, apa saja hal-hal yang penting namun sering terlewat dalam persiapan keuangan mudik Lebaran ini?


1. Asuransi (Selama) Perjalanan
Bagi anda yang mudik menggunakan moda transportasi umum, ketika membeli tiket biasanya anda akan ditawarkan asuransi perjalanan dengan nilai premi yang beragam. Dengan asuransi tersebut, anda bisa mendapat beberapa manfaat perlindungan.

Tapi karena dirasa tidak penting dan malah menambah biaya, biasanya anda akan melewatkan untuk melakukan pembelian atas asuransi perjalanan tersebut. Padahal, manfaat yang diberikan dari asuransi perjalanan tersebut akan sangat berarti bagi anda.

Memiliki asuransi perjalanan, artinya anda memiliki upaya untuk pencegahan risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Risiko yang mungkin terjadi bisa berbagai macam, seperti kehilangan barang atau bahkan kecelakaan. Sayangnya, masih banyak orang (mungkin termasuk anda) yang tidak peduli dengan kepemilikan asuransi perjalanan ini. Padahal, kita semua tahu bahwa risiko dalam perjalanan itu selalu ada dan bisa saja menimpa siapapun yang sedang melakukan perjalanan.

Bayangkan, bila anda sedang dalam perjalanan dan tidak memiliki asuransi lalu sebuah risiko yang tadi disebutkan menimpa anda. Bisa jadi, kerugian yang lebih besar akan anda dapatkan. Kerugian yang menimpa anda menjadi dua kali lipat bebannya.

Misalnya, anda sedang dalam perjalanan dan anda mengalami kecelakaan, maka anda mendapatkan kerugian yang pertama, yaitu kecelakaan. Selain itu, karena tidak memiliki asuransi perjalanan, anda mendapatkan kerugian yang kedua, yaitu merogoh kantong sendiri untuk biaya perawatan atas kecelakaan.

Sehingga, penting bagi anda dan keluarga untuk memiliki asuransi perjalanan sebagai perlindungan atas risiko-risiko yang mungkin menimpa anda selama perjalanan pergi ke kampung halaman, dan juga selama perjalanan pulang ke kota asal anda berada.


Sekarang, bila pada saat pembelian tiket mudik kemarin anda melewatkan pembelian asuransi perjalanan, tenang saja, Anda masih bisa melakukan pembelian asuransi perjalanan secara terpisah yang premi dan manfaatnya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari asuransi perjalanan adalah perlindungan kecelakaan antara lain pembatalan perjalanan oleh anda sebagai penumpang, kehilangan barang pribadi dan juga biaya pengobatan akibat kecelakaan yang mungkin anda alami dalam perjalanan.

Sedangkan bagi anda yang menggunakan moda transportasi pribadi, anda pun bisa membeli asuransi perjalanan bagi anda dan keluarga secara mandiri. Selain asuransi perjalanan, selalu cek apakah kendaraan anda masih aktif perlindungan asuransinya?.

Itu saja? Itu baru satu lho, nah apa sih yang keduanya? Simak di artikel berikutnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed