Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Jun 2019 21:04 WIB

Habis Lebaran Rekening Sekarat, Mending Utang atau Gadai Barang?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Berutang memang tidak haram untuk menangani kondisi keuangan yang sekarat setelah lebaran. Tapi utang bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Ada hal lain yang bisa dicoba untuk menambah pundi-pundi rupiah guna memenuhi kebutuhan pasca lebaran.

Perencana Keuangan Financial Consulting Eko Endarto mengatakan, di saat ada kebutuhan mendesak sementara keuangan sekarat yang bisa dicoba adalah menggadaikan barang. Tentu saja sewaktu-waktu barang tersebut bisa diambil kembali saat keuangan sudah membaik.

"Kalau dana cadangan pun nggak ada berarti alternatif harus cari dari luar, bisa gadai-in barang dulu nih ya," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (9/6/2019).


Menjajal bisnis sampingan juga tak ada salahnya dicoba sebelum terpaksa berutang. Hal yang paling mudah adalah menjual barang-barang pribadi yang sekiranya sudah tidak diperlukan.

"Kedua, misalnya mereka juga bisa bisnis sampingan mereka jalankan, misalnya barang-barang nggak kepakai bisa ditawarkan siapa tahu bisa kejual. Ketiga, baru utang kalau memang terpaksa, mau nggak mau," jelasnya.


Terlepas dari itu, agar masyarakat lebih memiliki persiapan dan tidak kelabakan setelah lebaran, memang cara paling aman adalah menyiapkan dana cadangan sebelumnya. Dengan begini tak perlu khawatir kehabisan uang saat lebaran.

"Pasti dengan (dana) cadangan dulu itu digunakan untuk kewajiban misalnya bayar listrik, terus bayar sekolah anak dan sebagainya," tambahnya. (das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com