Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Jun 2019 08:10 WIB

Keluar dari Kesulitan Keuangan Setelah Lebaran (2)

Bareyn Mochaddin – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Di artikel sebelumnya telah dibahas bahwa sebenarnya, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan sebelum akhirnya anda mengambil utang tambahan dari pinjaman online untuk menyelamatkan anda. Langkah-langkah ini bisa anda lakukan agar keuangan anda tidak menjadi lebih ruwet dari kondisi yang ada sekarang.

Menggunakan Dana Darurat
Bersyukurlah bila saat ini anda telah memiliki dana darurat yang cukup untuk kebutuhan dan dan keluarga. Dengan memiliki dan menggunakan dana darurat, anda tidak perlu berutang kepada siapapun untuk kebutuhan-kebutuhan setelah lebaran.

Tapi ingat, penggunaan dana darurat hanya sebatas pada kebutuhan anda yang mendesak saja. Tidak diperkenankan untuk menggunakan dana darurat untuk biaya liburan setelah lebaran. Kan sudah kemarin liburannya?

Selain itu, selalu kembalikan jumlah dana darurat yang telah anda gunakan untuk menutupi kebutuhan yang mendesak tadi di bulan depannya. Kalau bisa, lebihkan dari dana darurat yang biasanya bila ternyata anda memiliki uang lebih ketika kembali mengisi dana daruratnya.

Berhenti Berinvestasi
Nah, bagaimana bila ternyata anda saat ini tidak memiliki dana darurat?. Tenang, jangan dulu berutang. Ada hal lain yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan keuangan anda dengan mengambil sebagian dari cashflow untuk bulan depan yang dikhususkan untuk investasi.

Untuk sementara waktu, gunakan dana yang awalnya untuk berinvestasi menjadi dana untuk kebutuhan sehari-hari, biaya SPP anak, dan tagihan-tagihan lainnya. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak perlu berutang dan terbebani bunga di masa mendatang.

Hati-hati, anda berhenti berinvestasi bukan untuk selamanya, tetapi sampai keuangan anda kembali stabil saja. Bila sudah kembali aman dan nyaman, lakukan investasi seperti biasanya untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.


Cari Pinjaman Selain Pinjaman Online
Langkah terakhir bila anda sudah "kepepet" ternyata tidak memiliki dana darurat dan juga tidak memiliki dana investasi yang bisa anda ambil untuk menutupi kebutuhan di bulan depan adalah dengan berutang. Tapi, jangan asal berutang!.

Bila anda terpaksa untuk berutang, selalu pilih utang yang tidak akan membebani anda baik dari segi cicilan atau dari segi bunga dan denda-nya. Bila memungkinkan, akan lebih baik bagi anda bila bisa berutang kepada keluarga sendiri karena biasanya tidak akan membebankan bunga tambahan.

Bila anda terpaksa untuk berutang, selalu cari tahu siapa lembaga yang memberikan utang tersebut, apakah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau tidak?. Sedangkan dari sisi bunga, anda juga harus selalu mencari tahu berapa besar bunga yang dibebankan kepada anda.
Ketika akan mengambil utang, jangan malas untuk melakukan perbandingan besaran bunga antara pemberi pinjaman yang satu dengan pemberi pinjaman yang lainnya. Perbandingan pun jangan dilakukan terbatas pada suatu jenis pinjaman saja.

Dengan melakukan perbandingan, anda akan tahu bahwa besaran bunga yang ditawarkan oleh pinjaman online cukup besar bila dibandingkan dengan bunga yang ditawarkan oleh pegadaian. Bila anda malas dan mengambil sembarang pinjaman, hanya akan menyusahkan anda di masa depan.

Dan terakhir, bila anda terpaksa berutang, selalu ingat bahwa utang tersebut harus dibayar tepat pada waktunya. Jangan sampai anda lupa karena anda bisa terkena denda, dan jangan sampai anda mangkir dari utang karena bisa membuat jelek nama anda di lembaga keuangan.

Ciao!


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed