Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 07 Jul 2019 10:48 WIB

Tips Investasi Buat Pemula

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
1 Siapkan Uang dan Pahami Diri
Halaman 2 dari 4
Foto: iStock Foto: iStock

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho menjelaskan para pemula yang ingin berinvestasi harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, dana yang akan diinvestasikan harus benar-benar idle moneyatau dana yang menganggur.

"Pastikan dana ini memang nganggur, dalam artian bisa dialokasikan untuk meningkatkan nilai uangnya dalam jangka waktu tertentu," kata Andy saat dihubungi detikFinance, Sabtu (6/7/2019).

Dia mengungkapkan, setelah memiliki uang yang menganggur, langkah berikutnya adalah mencari tahu profil risiko yang dimiliki. Hal ini penting dilakukan agar mampu dalam menghadapi risiko kehilangan, kerugian atau penurunan uang yang diinvestasikan.

Cara mencari tahu profil risiko karakter diri adalah bisa dengan formulir di tempat kita akan berinvestasi dan menanyakan kepada orang yang memahami investasi. Sejumlah layanan keuangan juga memiliki aplikasi untuk mengukur profil risiko sebelum berinvestasi.

"Jika sudah paham karakter diri kita, maka baru bisa kita coba pilih produk investasi yang sesuai dengan karakter kita itu," ujar dia.

Menurut dia, caranya adalah dengan mencoba belajar dan mendalami, tidak hanya potensi keuntungan. Tetapi kerugian juga harus dimasukkan dalam prioritas pembelajaran sebelum berinvestasi di produk tersebut.

"Di zaman serba online ini, sangat mudah untuk mendapatkan informasi dan review tentang produk-produk tersebut via internet dan juga belajarlah dari orang-orang yang sudah pernah masuk di dalamnya," jelas dia.

(kil/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com