Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 21 Jul 2019 17:21 WIB

Mau Kuliah Sambil Cari Uang, Enaknya Bisnis Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Para lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat saat ini tengah sibuk mengurus masuk perguruan tinggi. Mungkin tak sedikit yang berpikir untuk kuliah sambil cari uang.

Nah, ada beberapa usaha yang bisa dilakukan calon mahasiswa baru untuk mencari pundi-pundi rupiah sambil menempuh pendidikan.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho mengatakan, salah satu yang bisa jadi pilihan adalah nyambi pengemudi online, baik motor maupun mobil. Menurutnya jenis pekerjaan ini tidak mengikat, dan bisa dikerjakan di saat luang.

"Istilahnya kalau minggu ini lagi penuh kuliahnya, ya sudah nggak ngojek dulu, tapi kalau tahu bisa nih weekend ini, dari pada nganggur di kostan atau di rumah narik saja," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Berikutnya adalah berjualan online yang bisa menjajakan barang produksi sendiri maupun sekedar jadi reseller. Bagi yang berkuliah bisa memilih sebagai reseller yang hanya menjual produk yang diproduksi pihak lain.

Jadi reseller ini keuntungannya tidak terikat dengan pekerjaan tersebut, bisa dikerjakan saat senggang, ditambah tak ada kewajiban seperti target penjualan.

"Betul, reseller contohnya misalnya kita ambil barang dari produsen," jelasnya.

Menggeluti bisnis yang sesuai dengan hobi juga bisa dilakukan sambil kuliah. Apalagi jika itu juga sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil, sudah dapat uang plus dapat tambahan pengalaman.

"Biasanya ada yang berdasarkan hobi, misalnya fotografi, kan mereka bisa misalnya gabung ke (jasa) yang nerima-nerima job, apakah itu fotografi wedding atau model," ungkapnya.

Bisa juga mencari tambahan pemasukan dengan kegiatan yang berkaitan dengan kampus, misalnya jasa pengetikan hingga jadi asisten dosen. Tapi itu lebih menyita waktu.

Simak Video "Tunda Mimpi Selama 6 Tahun, Chelsea Islan Ingin Lanjut Kuliah"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com