ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 06:12 WIB

Baru Melahirkan? Yuk Susun Anggarannya

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat si kecil lahir, maka argo untuk biaya hidup di tahun pertama kehadirannya pun mulai berjalan. Anda sebaiknya mulai membuat anggaran bulanan yang baru serta mengatur skala prioritas dalam pembelanjaan.

Setidaknya ada 5 pos yang dipersiapkan untuk tahun pertama kelahiran anak. Inilah financial checklist-nya:

1. Pos Furniture & Peralatan Bayi
Baby crib, stroller, dan car seat adalah beberapa peralatan bayi yang wajib ada di tahun pertama kelahirannya. Jika mau dituruti, maka saya sarankan untuk membeli barang berkualitas baik dengan tujuan dapat diturunkan kepada adiknya kelak.

Jika masih ragu, maka Anda dapat mencoba dengan sewa terlebih dahulu, baru kemudian membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya pengasuhan. Biasanya, alokasi anggaran untuk pos ini dapat mencapai Rp 10-20 jutaan.

2. Pos Pakaian Bayi
Bayi akan membutuhkan pakaian yang berbeda setidaknya untuk 3 tahap perkembangan usia, yaitu newborn, 3 bulan - 6 bulan, dan diatas 6 bulan. Anda tidak perlu berinvestasi di merek-merek terbaik apabila anggaran tidak mencukupi. Saran saya, alokasikan hanya sekitar Rp 200-500 ribu setiap bulannya untuk pembelian pakaian bayi.

3. Pos Peralatan Menyusui
Untuk mendukung ASI Eksklusif, maka Anda perlu didukung oleh pompa ASI terbaik yang bentuknya sesuai dengan payudara masing-masing. Selain itu, alat steril juga sebaiknya dibeli yang memiliki kualitas baik serta bergaransi setidaknya hingga 2 tahun ke depan.

Alokasi anggaran untuk pos ini dapat mencapai Rp1.5 juta. Mungkin tampak mahal, namun pembelian ini penting terutama untuk working mother yang akan kembali bekerja dalam 3 bulan ke depan.


4. Pos Biaya Kesehatan dan Imunisasi
Sesuai dengan program pemerintah, maka imunisasi sifatnya wajib bagi setiap bayi dan anak dalam kehidupannya. Di tahun pertama, setidaknya Anda perlu melakukan imunisasi untuk vaksin BCG, Polio, Campak, Hepatitis B, DPT, dan HIB.

Apabila Anda ingin gratis, maka melakukan vaksinasi wajib di Puskesmas tidak ada biaya. Sedangkan, jika ingin melakukannya di rumah sakit mau pun klinik dokter, maka biayanya bervariasi dari mulai Rp 1 jutaan hingga Rp 4 jutaan. Terkadang, Anda juga masih harus membayar untuk biaya dokter anak.

5. Pos Jasa Asisten
Tidak dapat dipungkiri, untuk working mother maka jasa asisten atau perawat bayi sangat dibutuhkan. Sayangnya, biaya jasa pun tidak murah. Saat ini, alokasi untuk gaji perawat bayi bisa bervariasi dari mulai Rp 2,5 jutaan hingga Rp 5 jutaan per bulan.

Wah, ternyata banyak juga dana yang dibutuhkan untuk anggaran seorang anak. Semua keperluan ini bisa dipersiapkan dengan mengambil porsi hingga 20% dari gaji bulanan. Alternatifnya, Anda juga bisa mengalokasikan dari bonus tahunan.

Live a beautiful life!


Disclaimer
: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.


Simak Video "Tips Mengelola Keuangan Ala Astrid Tiar"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com