Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Sep 2019 06:12 WIB

Fashionista dan Konsep Capsule Wardrobe (2)

Ghita Argasasmita Integrita - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Dalam artikel sebelumnya telah dibahas apa itu capsule wardrobe dan bagaimana cara ini bisa membantu anda tetap bisa menabung dan berinvestasi sambil tetap stay stylist.

Nah, mau tahu bagaimana langkah-langkah untuk membuat capsule wardrobe? Begini caranya:

Mensortir Pakaian dan Bangun Kesadaran Tinggi
Pertama-tama keluarkan seluruh pakaian, sepatu, dan tas dari lemari dan tempatnya. Buatlah kelompok-kelompok yang mana yang anda suka, biasa saja, dan keluarkan.

Buat tumpukan pakaian dan barang anda, sentuh satu persatu dan rasakan apakah barang tersebut benar-benar anda suka. Perhatikan baik-baik tumpukan pakaian dan barang tersebut, bayangkan di mana anda membelinya, ingat-ingat berapa harganya, dan alasan di balik pembelanjaan tersebut.

Rencanakan Daftar belanja dan Buat Anggaran
Setelah melakukan sortir yang emosional dan sulit, karena ada begitu panjang proses membangun kesadaran mengeluarkan pakaian yang tidak benar-benar anda butuhkan. Maka proses selanjutnya adalah kini benar-benar anda bisa melihat kondisi lemari atau penyimpanan yang longgar, atau bahkan terkesan kosong.

Akan ada tantangan baru yang muncul, yaitu ingin secepatnya mengganti baru pakaian, dan barang lama. Karena waktu belanja memang selalu akan ditunggu, dan menyenangkan.

Jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama. Salah satu proses capsule wardrobe, mengosongkan-mengganti, perlu dijalankan dengan serius.


Buat daftar pakaian yang anda benar-benar butuhkan, sesuaikan dengan karakter tubuh, kebiasaan sehari-hari, dan kenyamanan. Misalnya, anda perlu celana panjang, potongan lurus dengan bahan katun berkualitas. Anda perlu warna-warna dasar seperti hitam, cream, dan abu yang akan mudah di-mix and match.

Buat daftar PR belanjaan anda, sebaiknya anda survey merk apa yang ingin anda beli, dan berapa harganya. PR belanjaan tersebut dapat perlahan-lahan anda beli dengan menyisihkan uang dari pendapatan bulanan, tidak perlu terburu-buru dalam berbelanja.

Tidak hanya buat daftar pakaian, yang tidak kalah penting yaitu selalu membuat daftar aset dan kekayaan serta memantau dan mencatat pengeluaran.

Semua ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pencatatan Gratis, salah satunya yang kami rekomendasikan bisa diunduh di sini.

Selain itu anda juga bisa mengikuti kelas dan workshop, infonya bisa anda dapatkan dari aplikasi tersebut di atas atau anda bisa cek di sini.

Apa lagi? Kita lanjutkan di artikel berikutnya.


Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.

Simak Video "Tips Mengelola Keuangan Ala Astrid Tiar"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com