Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 04 Okt 2019 06:11 WIB

Hemat vs Pelit, Anda yang Mana? (3)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Dalam 2 artikel sebelumnya sudah dibahas yang termasuk kategori hemat tapi bukan pelit. Nah, sebagai contoh dalam artikel ini kita akan bahas apa saja yang termasuk ke dalam kategori pelit, justru bukan hemat. Apa saja sih?

Oplos Sabun Mandi / Shampo
Anda masuk kategori pelit ketika anda mengoplos sabun mandi atau shampoo anda dengan air agar terlihat lebih banyak dan bisa dipergunakan lebih lama. Sabun mandi dan shampoo biasanya mempunyai kandungan khusus untuk 'membunuh kuman'.

Kandungan tersebut bisa terlihat dari tingkat kekentalannya. Mengoplos sabun mandi dan shampoo akan membuatnya menjadi lebih cair sehingga mengurangi keampuhannya (contoh shampoo anti ketombe). Kalau anda mau mengoplos coba oplos saja sabung cuci tangan.

Makan Makanan Kadaluarsa (Expired)
Banyak orang beranggapan bahwa OK saja untuk makan makanan yang sudah kadaluarsa karena rasanya masih enak dan tidak basi. Fakta mengatakan bahwa setiap makanan mempunyai batas toleransi waktu yang bisa dimakan.

Lewat dari batas itu maka akan terjadi perubahan dari makanan bahkan bisa menjadi basi. Makanan yang belum berubah rasa meskipun sudah kadaluarsa bukan berarti makanan tersebut baik untuk tubuh dan kesehatan anda.

Anda termasuk ke dalam kategori orang pelit bila sering melakukan hal ini. Kalau ada memaksakan memakan makanan ini meskipun anda mampu membeli makanan baru yang masih fresh dan sehat, berarti anda masuk ke dalam kategori pelit.

Lanjut ke halaman berikutnya (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com