Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Okt 2019 07:26 WIB

4 Keuntungan Mencatat Keuangan (1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Bareyn Mochaddin Foto: Istimewa Bareyn Mochaddin Foto: Istimewa
Jakarta - Meski terkesan sederhana dan membosankan, melakukan pencatatan keuangan memiliki banyak sekali keuntungan. Sayangnya, pencatatan keuangan bukan sebuah hal yang disukai kebanyakan orang.

Padahal, pencatatan keuangan merupakan sebuah langkah awal untuk melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Bahkan sebelum berbicara mengenai pemilihan produk investasi yang bagus, sejatinya pencatatan keuangan adalah hal pertama yang semestinya dilakukan.

Jangan dulu berbicara pemilihan produk investasi, pembagian pos keuangan dan belanja bulanan yang selalu ditanyakan kepada perencana keuangan pun akan menjadi sia-sia tanpa adanya kegiatan pencatatan keuangan.

Kenapa bisa seperti itu? Karena tanpa adanya pencatatan keuangan yang rutin, pembagian pos keuangan hanya akan menjadi sebuah wacana dan rencana. Anda tidak akan pernah tahu apakah wacana dan rencana yang telah dibuat atas uang anda, dieksekusi dengan cermat.

Selain keuntungan tersebut, masih banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan melakukan pencatatan keuangan secara rutin. Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan diantaranya adalah:

1. Membuat Perencanaan Belanja dengan Matang
Melakukan pencatatan keuangan artinya bukan hanya tentang pencatatan pengeluaran. Idealnya, pencatatan keuangan dilakukan juga sebelum melakukan pengeluaran, budgeting istilah kerennya.

Dengan melakukan budgeting, anda bisa melakukan perencanaan dengan uang yang anda miliki. Anda bisa memastikan bahwa anda berbelanja dengan apa yang anda punya. Pun anda bisa memastikan bahwa apa yang akan dibeli adalah kebutuhan anda.

Katakanlah, anda memiliki Rp1,000,000,- di kantong anda. Dengan melakukan budgeting, anda akan bisa menghabiskan uangnya dengan efektif, karena anda tahu untuk apa saja uang tersebut akan dibelanjakan dan untuk berapa lama uang tersebut menjadi bekal anda.

Berbeda halnya bila anda tidak memiliki perencanaan pengeluaran, mungkin Rp1,000,000,- yang ada di kantong anda akan habis begitu saja. Bahkan, dalam beberapa kondisi, anda tidak tahu sudah habis untuk apa saja uang tersebut dibelanjakan.

Artinya, budgeting juga akan memberikan anda arahan tentang berapa banyak yang bisa anda habiskan setiap harinya. Anda bisa lebih memilih barang apa yang akan anda beli dan anda juga bisa menolak untuk barang dan hal-hal lainnya yang tidak anda perlukan.

2. Mengetahui Apakah Belanja Berjalan Sesuai dengan Rencana Keuntungan lainnya dari melakukan pencatatan keuangan -dalam hal ini pencatatan pengeluaran- adalah anda bisa mengetahui habis untuk apa saja uang yang anda miliki dari sejak pertama anda dapatkan dan sampai saat sekarang.

Kebanyakan orang kaget dengan kondisi keuangan bulanannya. Tiba-tiba, di pertengahan bulan, uangnya habis begitu saja dan entah untuk apa saja. Nah, pencatatan keuangan dalam pengeluaran bisa menolong anda dari hal-hal yang membingungkan seperti demikian.

Pencatatan keuangan dalam pengeluaran membuat anda bisa selalu melakukan evaluasi atas uang yang keluar dari dompet anda. Misalnya dalam satu minggu berjalan, apakah pengeluaran yang anda lakukan sesuai rencana atau tidak.

Dengan melakukan pencatatan pengeluaran, anda bisa membatasi diri bilamana ternyata anda kebablasan di awal bulan. Hal ini akan menjauhkan anda dari kesulitan keuangan di akhir bulan, godaan kartu kredit, pay later, dan berutang kepada teman.

Ingat ya, mencatat pengeluaran tidak masuk ke dalam kategori pelit ya, malah justru kebiasaan yang sangat bagus sekali. Bila ingin dipermudah anda bisa mulai mencatat dengan menggunakan aplikasi pencatatan Gratis, salah satunya yang kami rekomendasikan bisa diunduh di sini .

Selain itu anda juga bisa mengikuti kelas dan workshop, infonya bisa anda dapatkan dari aplikasi tersebut di atas atau anda bisa cek di sini .

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.



Simak Video "Asyik! UMP Tahun 2020 Naik 8,51%"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com