Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 06:09 WIB

Kata Siapa Pasangan Muda Susah Atur Keuangan? (2)

Stanley Christian - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
1 Target dan Perencanaan
Halaman 2 dari 3
Foto: Rachman Haryanto

Menentukan Tujuan Keuangan Bersama
Setelah Anda saling terbuka mengenai aset apa saja yang sudah anda miliki, kemudia utang apa saja yang anda miliki dan lain sebagainya, kemudian anda juga sudah mulai memahami dan mengerti tentang kepemilikan uang masing-masing, selanjutnya adalah anda mendiskusikan hal yang ingin Anda miliki atau lakukan.

Mungkin saja, Anda ingin merintis dan mengembangkan usaha. Namun, pasangan Anda tidak menyetujui dan menginginkan uang tersebut digunakan untuk hal yang lain.

Penetapan tujuan dan perencanaan hidup adalah kunci untuk pernikahan yang berhasil. Pengertian satu sama lain diperlukan dalam hal ini agar tidak ada masalah ke depannya nanti. Sama seperti menyelaraskan keyakinan mendasar Anda pada uang, menyelaraskan tujuan Anda dan pasangan akan membantu mencegah konflik. Rencanakan tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang Anda dan pasangan ingin wujudkan.

Buat Pencatatan Pengeluaran dan Pemasukan
Ini adalah salah satu hal yang sering terlewatkan dan dianggap sepele saat melakukan perencanaan keuangan. Padahal, mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya sangat membantu untuk menghitung dan mengevaluasi apa saja pengeluaran yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan dapat dikurangi di bulan berikutnya.

Catatan ini berguna agar keuangan Anda dan pasangan lebih terpantau. Terlebih sebagai pasangan baru, anda kerap kali belanja kebutuhan rumah yang tidak rutin setiap bulannya, seperti ganti mebel atau bahkan anda berbulan madu, dan lain sebagainya.

Setelah membuat catatan dan mengevaluasinya, akan lebih baik lagi apabila Anda dan pasangan membuat anggaran belanja dan menetapkan pengeluaran maksimal per bulannya, sehingga Anda dan pasangan dapat menghindari pengeluaran yang seharusnya tidak terjadi.

Lanjut ke halaman berikutnya >>>

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com