Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Nov 2019 06:10 WIB

Yuk Bikin Rencana Biaya Nikah Meski Masih Jomblo (1)

Stanley Christian - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
1 Yuk Coba Dimulai
Halaman 2 dari 2
Foto: Thinkstock

Umumnya seseorang menyiapkan dana pernikahan berkisar 2 tahun sebelum menikah, maka dengan jangka waktu 2 tahun tersebut, idealnya menggunakan tabungan bank, namun tidak menutup kemungkinan menggunakan instrumen investasi.

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah menentukan rencana untuk menikah berapa tahun lagi, berapa anggarannya pada saat ini dan berapa nilainya nanti setelah dihitung dengan inflasi. Mudah bukan menghitungnya?

Jadi sudah saatnya anda segera membuat tabungan pernikahan ini meskipun anda sangat yakin bahwa keluarga akan membiayai pernikahan yang anda inginkan tersebut.

Kita tidak bisa tahu kondisi ke depan. Bisa saja menjelang pernikahan, terjadi musibah yang membuat orang tua tidak bisa membiayai resepsi. Itulah sebabnya tabungan pernikahan ini menjadi sangat penting disiapkan sedini mungkin. Lagi pula, semakin besar bantuan orang tua, semakin besar juga campur tangan mereka.

Dalam menentukan anggaran pernikahan tentu kita harus melihat langsung atau terjun langsung ke lokasi atau survei untuk mencari tahu besaran biaya saat ini. Bisa juga anda mencari informasi dari internet, namun belum tentu keakuratannya.

Misal dari harga Gedung, hingga harga catering per porsinya. Di beberapa kota besar sering kali ada wedding fair, nah pada momen ini anda bisa berkunjung untuk mencari tahu besaran biayanya dengan pasti sekaligus anda bisa membandingkan beberapa vendor serta perkiraan berapa besar kenaikan harganya.

Kita akan mengetahui besarnya kenaikan harga per tahun dengan melakukan survei sehingga bisa memperkirakan harga pasaran saat kita menikah nanti. Misalnya, harga gedung tahun ini Rp 11 juta, sedangkan tahun lalu Rp 10 juta, terlihat bahwa kenaikan per tahun Rp 1 juta atau 10% pertahun. Jika kita ingin menikah lima tahun lagi, siapkan dana sekitar Rp 16,1 juta.

Keliatannya mudah bukan? Anda bisa lho membuat simulasi perhitungannya tersebut dengan berbagai jenis kalkulator finansial yang ada di internet atau ada juga aplikasi yang bisa anda pergunakan.

Salah satu yang saya rekomendasikan adalah aplikasi Moneesa untuk membantu anda bisa melakukan perhitungan dan bersimulasi secara gratis yang bisa bisa diunduh disini.

Selain mencatat anda juga penting untuk berinvestasi dan berasuransi. Permasalahan dengan investasi masih banyak orang yang awam. Sementara untuk berasuransi banyak masyarakat yang enggan karena takut dikejar-kejar oleh agen, padahal mereka baru hanya mau tahu berapa besar sih premi yang mereka harus bayarkan.Nah, untuk hal ini ada solusinya, anda bisa cek premi asuransi tanpa takut dikejar-kejar agen melalui aplikasi yang bisa diunduh disini.

Selain itu anda juga bisa belajar dengan mengikuti kelas dan workshop tentang keuangan, infonya bisa anda dapatkan dari aplikasi tersebut di atas atau anda bisa cek disini.

Oke lalu apalagi nih yang harus direncanakan dan dibicarakan seputar keuangan sebelum nikah atau pranikah? Detail akan kita kupas tuntuas di artikel berikutnya ya.

Stay tuned terus!

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com