Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Nov 2019 05:45 WIB

Mending Ngontrak atau Beli Rumah? (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Jakarta - Anda mungkin sering mendengar saya atau beberapa perencana keuangan lain yang menganjurkan anda untuk membeli property (rumah) sedini mungkin.

Tidak ada yang salah dengan kata-kata dan rekomendasi tersebut. Hanya saja menjadi menarik ketika kita mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah sekarang, atau beli nanti saja? Atau tidak membeli sama sekali.

Nah, atas dasar itulah kali ini saya coba bahas bahwa sebenarnya ternyata ada juga waktu yang terbaik untuk anda sewa rumah dibandingkan beli rumah saat ini. Apa saja itu? Mari kita bahas bersama.

Duit Ngepas

Apabila penghasilan anda benar-benar ngepas alias uang anda hanya cukup untuk membayar kontrakan/kosan (itu pun bersama beberapa teman), cukup untuk transport dan makan, maka janganlah memaksakan diri untuk membeli property atau rumah.

Memang beberapa orang menyarankan daripada menyewa atau kontrak lebih baik mencicil.

Tapi tunggu dulu. Mencicil rumah adalah suatu komitmen jangka panjang. Dan biaya memiliki rumah tidak hanya soal kemampuan membayar cicilan saja, tapi ada biaya-biaya lain yang juga harus dipersiapkan, misalnya biaya pajak PBB tahunan, biaya kebersihan, biaya keamanan, biaya kerusakan, dan biaya-biaya hidupnya seperti listrik, telpon, air, dll.

Belum lagi anda harus mempersiapkan biaya uang muka property anda, kemudian biaya lainnya seperti notaris serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan akad kredit pembelian property anda. Seperti halnya punya mobil, maka punya property pasti akan menimbulkan biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan kepemilikan property tersebut.

Oleh sebab itu salah satu yang harus dimiliki sebelum memutuskan membeli property adalah dengan punya dana darurat terlebih dahulu.

Lanjut ke halaman berikutnya >>> (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com