Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Jan 2020 06:59 WIB

Tahun Baru, Plan Baru atau Plan Lama?

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Foto: (Al Marjan Island/Instagram) Foto: (Al Marjan Island/Instagram)
Jakarta - Banyak orang menggunakan momentum tahun baru untuk memulai hal-hal yang baru atau bahkan membuat rencana (plan) baru. Pernah dengar/lihat kata-kata ini?

"Tahun 2020 aku akan melakukan semua rencana-rencana dan niat yang belum aku lakukan di tahun 2019 ini, yang seharusnya sudah aku selesaikan di tahun 2018, yang sudah diniatkan dan dibuat rencananya di tahun 2017. Sounds familiar?

Yes, banyak dari kita yang hobinya menunda, orang bule nyebutnya dengan istilah procrastinating. Sebagai contoh, saat ini sudah tahun mau memasuki (atau bahkan mungkin sudah) tahun baru dan anda belum membuat resolusi atau rencana untuk tahun 2020 ini.

Anda mungkin berpikir, ah menunda sebulan tidak apa-apa, toh masih bisa dikejar. You know what? Sebelum anda sadar tundaan anda yang sudah sebulan itu akan mundur kebulan kedua.

Lalu tiba-tiba sudah masuk bulan Ramadan dan kemudian perayaan Idul Fitri. Tanpa disadari kemudian anda masuk libur sekolah pertengahan tahun, padahal rencana 2020 masih belum tersusun. Dan seterusnya sampai ketemu akhir tahun 2020.

Bagi anda yang bekerja di perusahaan, akhir tahun antara bulan Oktober sampai Desember biasanya disibukkan dengan rapat-rapat penyusunan anggaran perusahaan untuk tahun depan. Nah, anda seharusnya sudah terbiasa membuat anggaran ini.

Kalau anda sudah jago membuat perencanaan dan anggaran untuk perusahaan anda tahun depan, lalu kenapa anda selalu tidak bisa atau menunda pembuatan anggaran untuk diri anda dan keluarga. Padahal hal tersebut sama pentingnya lho.

Mari kita simak, hal keuangan apa saja (langsung dan tidak langsung) yang selalu ditunda oleh banyak orang sampai tiba-tiba anda akan merasa semua sudah 'terlambat'.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Mengelola Keuangan Ala Astrid Tiar"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com