Tidak Esensial Tapi Ternyata Ada (3)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjd & Partners - detikFinance
Selasa, 21 Jan 2020 07:00 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Melanjutkan dari artikel sebelumnya bahwa persiapan memiliki seorang anak ternyata memerlukan biaya yang luar biasa belum lagi menghitung biaya pendidikan dari si anak.

Tidak cukup sampai di situ, ternyata sekarang ini muncul tren baru dalam persiapan memiliki anak yang secara biaya ternyata juga besar sekali. Itulah sebabnya kenapa artikel ini diberi judul tidak esensial alias tidak penting tapi ternyata ada lhooo.

Sebagian dari anda mungkin pernah tahu atau pernah mendengar, tapi sebagian lagi dari anda saya yakin baru kali ini mendengar tentang hal ini.

Nah apa sajakah itu? Yuk mari kita bahas.

Doula
Wah makhluk apakah ini? Saya sendiri jujur baru tahu tentang hal ini setelah berdiskusi untuk kemudian mencari tahu di internet. Doula ini adalah profesi yang relatif baru di Indonesia yang dalam Bahasa sederhananya dikenal dengan nama Pendamping Persalinan Ibu Hamil.

Keberadaan Doula sendiri masih menuai Pro dan Kontra, tapi kita akan bahas fungsi mereka dan berapa sih biaya yang harus anda persiapkan untuk mempunyai seorang doula ini.

Doule sendiri konon berasal dari Bahasa Yunani yang artinya pembantu wanita. Di mana saat ini doula ini berperan dalam memberikan support kepada ibu hamil dalam bentuk support emosional, fisik dan juga edukasi.

Dan tidak sembarangan orang bisa menjadi doula. Doula adalah asisten pribadi profesional yang bersertifikat, karena telah terlebih dulu menjalani pendidikan dan pelatihan formal seputar kehamilan dan melahirkan.

Tapi harus diingat, peran doula ini tidak serta merta menggantikan peran suami, sehingga kehadirannya pun juga harus anda pertimbangkan, apalagi mengingat ada biaya tambahan untuk ini.

Nah, berapa besar sih biaya doula ini? Setelah dicari tahu dan ditanya, ternyata biaya doula ini relatif antara Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta per paket.

Ada banyak jasa doula misalnya semasa kehamilan, masa persalinan ataupun pasca persalinan. Anda yang berkocek tebalpun bisa mengambil total keseluruhan biaya pendampingan dari mulai masa kehamilan, persalinan sampai pasca persalinan.

Doula bisa diambil jasa paketan juga untuk beberapa kali pertemuan saja. Nah, silakan berhitung apakah dana anda cukup untuk menggunakan jasa ini?
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]