Pengeluaran Kecil Tapi Kalau Dijumlah Lumayan Juga (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 17 Feb 2020 05:25 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, pernah dengan ini? Yes pasti banyak yang sudah pernah dengar peribahasa tersebut. Peribahasa tersebut dimaksudkan untuk memotivasi seseorang untuk mulai menabung atau mengerjakan sesuai.

Di mana hal-hal kecil bila dilakukan secara terus menerus dan konsisten maka bisa menjadi besar di kemudian hari.

Hal yang sama berlaku juga untuk pengeluaran kita. Berapa banyak dari kita yang tidak menyadari melakukan pengeluaran yang secara nominal termasuk kecil, tapi apabila dijumlahkan semua maka lama-lama menjadi besar per bulannya.

Tidak ada yang salah dengan pengeluaran ini bila memang kita butuhkan dan dipakai secara rutin. Yang menyedihkan lagi, banyak dari pengeluaran ini yang kemudian belum tentu kita pakai secara rutin.

Sudah keluar duit malah tidak terpakai termasuk dalam kategori mubazir. Nah, apa saja sih pengeluaran tersebut? Yuk kita coba kulik satu persatu.

Langganan Spotify Premium
Bagi anak milenial jaman sekarang mendengarkan music di HP adalah suatu keharusan. Bedanya kalau angkatan sebelumnya suka unduh lagu satu per satu (apakah itu versi beli album kemudian di-copy, ataupun ngambil bajakannya alias tidak pernah beli album aslinya).

Akan tetapi seiring dengan semakin besarnya kebutuhan memori untuk menggunakan aplikasi lain dan semakin banyaknya aplikasi yang kita pergunakan di telepon kita membuat memori HP semakin terbatas untuk unduh atau transfer lagu.

Hal ini membuat munculnya aplikasi yang memungkin kita mendengarkan lagu tanpa harus mengunduh alias istilahnya pinjam dengar. Bermunculanlah aplikasi, salah satunya yang ngetop saat ini yaitu Spotify.

Spotify sendiri ada yang tidak berbayar alias gratis lengkap dengan banyaknya iklan dan fitur yang terbatas. Tapi karena keterbatasan itu maka ditawarkan juga sposify versi premium alias berbayar.

Apabila dilihat harga resmi dari situs Spotify untuk pasar Indonesia, maka harga langganannya adalah sebagai berikut:
- Rp 49.990/bulan apabila menggunakan pakai kartu kredit
- Rp 54.990/bulan apabila menggunakan metode pembayaran dengan memotong pulsa

Kecil kan? Hanya sekitar 50 ribuan saja, tapiiiii kalau langganan ini ditambahkan dengan langganan anda yang lain akan besar jadinya.

Nanti kita akan total dan hitung semua di akhir ya. Nah, apabila anda ingin mendapatkan langganan lebih murah, anda bisa mencoba mencari promo langsung dari Spotify atau yang tawarkan lewat market place yang ada.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Mengurangi Belanja Impulsif Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]