Pengeluaran Kecil Tapi Kalau Dijumlah Lumayan Juga (2)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 24 Feb 2020 05:59 WIB
Illustrasi Uang Rupiah dan Dollar
Pengeluaran Kecil Tapi Kalau Dijumlah Lumayan Juga (2). Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Di artikel sebelumnya telah dibahas pengeluaran yang nominalnya kecil dan kita pakai sehari-hari tetapi kalau dikumpulkan dan dijumlah setiap bulan ternyata lumayan juga.

Dan dalam kondisi keuangan yang mepet pengeluaran ini ternyata bisa berbahaya bahkan bisa masuk ke dalam pengeluaran luxury. Pengeluaran kecil yang telah kita bahas sebelumnya adalah biaya berlangganan Spotify dan Netflix.

Nah apa lagi sih biaya-biaya yang bisa menambah beban keuangan bulanan anda?

TV Kabel
Salah satu hal yang saat ini seakan-akan sering dianggap sebuah kebutuhan adalah berlangganan TV Kabel. Biaya berlangganan TV Kabel ini bervariasi besarannya, ada yang dimulai dari Rp 300 ribuan untuk basic sampai dengan Rp 1,5 jutaan.

Sebenarnya bukanlah besaran dari biaya langganan TV Kabel ini yang menjadi masalah, akan tetapi pertanyaannya adalah apakah anda menggunakan TV Kabel ini dengan maksimal.

Apabila anda termasuk orang yang betah tinggal di rumah dan menonton TV berjam-jam untuk acara apapun dibandingkan jalan-jalan keluar rumah atau ke mall, maka langganan TV Kabel akan sangat berguna bagi anda.

Akan tetapi bila anda tipe yang jarang ada di rumah, lebih sering meeting atau beraktivitas di luar rumah, atau bila di rumah anda lebih suka main HP atau membaca daripada menonton TV, maka berlangganan TV Kabel ini justru membuang-buang uang karena tidak anda pakai secara maksimal.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]