Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Mar 2020 07:01 WIB

Pengeluaran 'Dadakan' (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Ilustrasi Uang Rupiah Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Bagi anda yang secara teratur melakukan pencatatan, coba perhatikan deh, pernahkah dalam pengeluaran bulanan anda selalu ada saja pengeluaran 'dadakan?

Pasti anda secara sadar atau tidak sadar tahu mana saja sih pengeluaran dadakan tersebut. Oke, mungkin ada baiknya kita definisikan dulu apa itu pengeluaran dadakan?

Pengeluaran dadakan adalah pengeluaran yang sebenarnya tidak pernah ada di dalam anggaran bulanan anda tapi sebenarnya bisa juga dibuatkan post anggaran pengeluaran tersendiri.

Nah, pengeluaran dadakan ini bila tidak diatur dengan baik dan benar lama kelamaan bisa juga mengganggu investasi dan pengeluaran bulanan anda yang lainnya lho. Apa saja sih pengeluaran dadakan yang sering terjadi itu? Yuk kita bahas.

Hadiah Ulang Tahun Teman
Banyak orang merayakan hari kelahiran atau ulang tahun, dan tidak sedikit yang kemudian mengundang teman-teman mereka. Sebagai teman yang baik, kita ingin dong membahagiakan teman kita yang berulang tahun ini dengan memberikan hadiah ulang tahun yang spesial.

Akan tetapi banyak orang kemudian kehilangkan esensi dari hadiah ulang tahun tersebut sehingga malah menganggu keuangan karena membeli hadiah yang mahal.

Saya sendiri beserta tim pernah mengalami hal ini. Sejujurnya saya yang memulai memberikan hadiah dengan nominal yang relatif cukup besar. Hal ini dilakukan dengan cara berpatungan oleh seluruh karyawan dan teman-teman.

Karena saya yang memulai memberikan hadiah kepada teman-teman dan tim saya, mereka pun kerap melakukan hal yang sama ke saya. Tapi apa yang kemudian terjadi?

Hadiah yang tadinya bernilai ratusan ribu dalam beberapa tahun kemudian naik menjadi bernilai jutaan. Dan patungan yang tadinya hanya Rp 100 ribuan, berubah menjadi ratusan ribu per orangnya.

Sampai di satu titik saya melihat gejala ini sudah menjadi tidak sehat. So, akhirya saya memutuskan untuk memutus lingkaran tersebut dengan tidak memberikan hadiah lagi berupa barang.

Berkaca pada pengalaman ini, anda tetap bisa dan boleh memberikan hadiah, akan tetapi usahakan untuk tidak memberatkan secara finansial, tapi tetap bisa memberikan kesan yang mendalam kepada si penerima hadiah.

Ingat, ketulusan anda tidak diukur dari berapa mahalnya hadiah yang anda beri ataupun anda terima.

Traktir Ulang Tahun
Masih berhubungan dengan ulang tahun di atas, biaya dadakan lainnya yang sering kali mengganggu pengeluaran bulanan kita adalah biaya traktir ulang tahun teman-teman.

Ketika anda mentraktir 1 atau 2 orang teman dekat maka biaya tersebut belum tentu menjadi masalah. Akan tetapi ketika teman-teman sekantor dan teman-teman sepermainan anda menuntut untuk minta ditraktir makan-makan, maka anda harus mulai berpikir panjang mengenai biayanya.

Kebiasaan mentraktir ini sebenarnya tidak bagus secara keuangan. Justru yang seharusnya terjadi adalah yang ulang tahunlah yang ditraktir oleh teman-temannya secara patungan, sehingga biaya memberikan makan 1 orang ditanggung Bersama-sama menjadi lebih murah dan mudah dibandingkan biaya makan beramai-ramai ditanggung oleh hanya satu orang saja.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com