Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Mar 2020 06:25 WIB

Sakit Itu Mahal, Sehat Itu Murah (2)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Corona Foto: Ilustrator: Fuad Hasim


Latihan Muay Thai
Tidak kalah dengan keanggotaan di mega gym, beberapa tahun belakangan ini marak juga olah raga sejenis tinju tapi bisa menggunakan kaki yang dimulai dari negara Thailand yang dikenal dengan nama Muay thai ini.

Nah olah raga yang mulai ngetop ini selain bisa dilakukan di mega gym (beberapa mega gym punya kelas latihan ini), tapi juga dilakukan di banyak sasana privat. Adapun biaya keanggotaannya antara Rp 500-700 ribu per bulan.

Berenang
Salah satu olah raga yang direkomendasikan untuk semua orang, segala usia, dan sedikit sekali membuat cedera yaitu berenang. Sayangnya tidak semua orang bisa berenang.

Padahal dari sisi biaya berenang bisa bervariasi dari yang murah di gelangang remaja sampai yang mahal di hotel bintang 5. Rata-rata biaya berenang sebesar Rp 50 ribu per sekali datang. Relatif lebih murah dan bisa diatur dan sesuaikan dengan kebutuhan.


Nah katanya sehat itu murah? Ini kok kita keluar biaya banyak sih? Sehat mana yang murah?

Gunakan kalkulator perencana keuangan gratis untuk membantu anda membuat perencanaan keuangan. Aplikasinya sendiri bisa diunduh di sini.

Selain mencatat anda juga penting untuk berinvestasi dan berasuransi. Permasalahan dengan investasi masih banyak orang yang awam.

Sementara untuk berasuransi banyak masyarakat yang enggan karena takut dikejar-kejar oleh agen, padahal mereka baru hanya mau tahu berapa besar sih premi yang mereka harus bayarkan.

Nah, untuk hal ini ada solusinya, anda bisa cek premi asuransi tanpa takut dikejar-kejar agen melalui aplikasi yang bisa diunduh di sini.

Selain itu anda juga bisa belajar dengan mengikuti kelas dan workshop tentang keuangan, infonya bisa anda dapatkan dari aplikasi tersebut di atas atau anda bisa cek di sini.

Selain ini apa lagi yang membuat sehat itu murah alias tidak semahal yang kita pikirkan dan tidak semahal contoh di atas?

Kita bahas di tulisan berikutnya ya.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com