Apa yang Bikin Kamu Boros dan Impulsif? (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 14 Apr 2020 07:30 WIB
boros makanan
Foto: Istimewa
Jakarta -

Banyak orang mengeluh "kok gue boros banget ya", atau "kok gue nggak bisa nabung sih, setiap bulan uang selalu habis." Ini adalah kenyataan dan fakta yang sering terjadi di banyak orang.

Bahkan mereka yang sudah mencoba menggunakan metode Perencana Keuangan secara mandiri (misalnya melalui baca-baca di media, menggunakan aplikasi, dll) hasilnya ternyata selalu gagal untuk bisa melakukan penghematan.

Malah ada yang sudah menggunakan jasa seorang Perencana Keuangan untuk membuat Perencanaan dan membantu mereka untuk bisa berdisiplin, ternyata hasilnya tetap sama saja. Lalu apa sih yang bisa membuat hal ini terjadi? Kenapa masih banyak orang yang boros meskipun sudah pernah berusaha?

Saya pribadi sampai tertarik untuk mendalami hal ini dan secara special mengambil pendidikan khusus tambahan di luar keuangan yaitu Neuro Linguistic Programming dan Hypno Therapy untuk bisa mengetahui apa yang terjadi di alam bawah sadar seseorang ketika mereka berbelanja dan menjadi boros.

Dua Masalah terbesar yang saya ingin ketahui dari keputusan di alam bawah sadar mereka ketika Boros dan ketika Berutang (hobi berutang). Tapi untuk bahasan kali ini kita fokus ke penyebab kenapa banyak orang yang boros.

Sudah siap? Yuk kita bahas

Tidak Punya Tujuan Keuangan

Ini penyebab pertama yang paling sering terjadi dan menjadi penyebab kenapa orang banyak boros dengan keuangan mereka. Ketika anda tidak punya tujuan keuangan atau tidak punya keinginan atau tidak punya goal, maka anda cenderung tidak akan tahu uang anda mau dipakai buat apa ke depannya.

Akhirnya anda berpikir, buat apa disimpan dan diinvestasikan? Anda hidup di masa saat ini, sehingga apa yang anda butuhkan harus dipenuhi di masa kini. Itulah sebabnya anda akan cenderung menghabiskan uang yang anda miliki sekarang.

Tidak heran, anda yang masih single dan belum merasa punya tanggung jawab cenderung lebih boros dibandingkan mereka yang sudah mempunyai tanggung jawab atau sudah menikah. Mengapa?

Karena biasanya orang yang sudah menikah dan mempunyai tanggung jawab akan berpikir jauh ke depan merencanakan apa yang mereka inginkan terjadi dalam kehidupan mereka.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]