Tips Atur Keuangan Setelah Gaji Dipotong hingga Kena PHK (1)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 20 Apr 2020 07:29 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pandemi COVID-19 tidak dapat dipungkiri dampaknya mulai memberikan perubahan yang cukup signifikan ke keuangan seluruh lapisan masyarakat, dari kelas bawah, menengah, hingga atas. Dari keuangan pribadi, keluarga dan perusahaan. Lalu apa dampak selanjutnya yang diberikan dari pandemi COVID-19 tersebut untuk para pekerja?

PHK, gaji tidak dibayar, hingga yang sudah terjadi WFH. Di tengah ketidakjelasan keadaan ekonomi seperti ini, penting bagi kita mengelola ulang seluruh aspek pengeluaran keuangan kita, meringankan kita, menghindari kerugian yang lebih dalam untuk keuangan kita, mungkin beberapa tips jitu dan praktis ini bisa digunakan untuk mengurangi beban keuangan lebih dalam lagi untuk kita.

1. Membuat Daftar Kebutuhan Belanja Harian/Bulanan Kita
Pentingnya di saat seperti ini membuat daftar kebutuhan belanja sebelum pergi berbelanja, agar menghindari lapar mata, membeli apa yang seharusnya tidak dibeli, barang-barang di luar daftar belanjaan kita, ingat di sini disiplin dengan daftar belanja yang sudah kita buat menjadi kunci menghindari kebocoran dalam anggaran yang sudah kita buat.

Belanja yang tidak benar-benar kita butuh hanya akan menimbulkan masalah bagi keuangan kita. Contohnya bila kita telah membuat list daftar belanja, di pasar tradisional atau super market, namun setibanya di tempat belanja, kita dipertemukan dengan diskon yang jelas bukan menjadi tujuan utama kita berbelanja/ tidak ada dalam daftar belanjaan kita, walaupun sedang diskon, mohon maaf ya teman-teman disiplin dengan daftar.

Ingat! Kebocoran anggaran sering terjadi saat kita dipertemukan dengan diskonan.

2. Lakukan Perbandingan Harga Sebelum Membeli Apapun

Bagi yang enggak mau repot saat dulu ketika wabah COVID-19 belum ada, mungkin bisa bersantai diri, namun ketika PHK-Unpaid Salary, WFH perlunya memperhatikan perbandingan harga sebelum membeli apapun, coba rajin deh ngecec katalog belanja dari 1 mini market ke mini market lain, mencari harga termurah.

Toh semuanya sudah bisa diakses melalui situs online, nggak perlu repot berkeliling dari satu mini market ke mini market lain.

Tujuannya membandingkan ini adalah murni untuk mendapatkan harga yang relatif cukup murah, karena berhemat diperlukan untuk saat ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]