Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Apr 2020 02:00 WIB

Tips Atur Keuangan Setelah Gaji Dipotong hingga Kena PHK (2)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Ilustrasi THR Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Dalam artikel sebelumnya saya sudah membahas 4 tips praktis mengatur ulang keuangan di saat PHK, unpaid salary, WFH karena kondisi pandemi ini. Sebelumnya saya berjanji akan ada 7 tips, berarti saya masih utang 3 lagi, dan itu yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Apa sajakah? Yuk simak bahasannya berikut ini dimulai dengan tips nomor 5.

5. Mengalokasikan Uang Transport ke Kebutuhan Sehari-Hari dan Dana Darurat

Pentingnya menyiapkan dana darurat sangat diutamakan saat ini setelah cukup memenuhi kebutuhan harian karena keadaan ekonomi yang tidak menentu sampai kapan keadaan ini berakhir. Menyiapkan dana darurat dengan mengalokasikan ulang uang transport yang kita gunakan dalam keseharian kerja kita selama ini bisa dijadikan pilihan karena untuk kita yang sedang berada dalam kondisi PHK, unpaid salary, hingga WFH tidak terlalu banyak lagi membutuhkan uang transport dalam pandemi COVID-19.

Mana mungkin kita bebas berjalan-jalan di tengah kondisi PSBB yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, mau kena denda? Ataupun mengabaikan denda. Sudah seharusnya kita mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan karena jika kita sakit, pastikan jangan sampai kondisi keuangan kita ikut sakit juga.

6. Menegosiasikan Ulang Utang yang Kita Miliki

Membuat pemetaan ulang untuk alokasi utang yang kita miliki bisa dijadikan solusi, menegosiasikan bunga kredit kita, atau memundurkan waktu pembayaran bisa dijadikan alternatif dan apabila tidak bisa dan harus tetap kita bayar. Bisa kita lakukan ulang biaya harian yang bisa kita pangkas, ingat ya!, utang itu harus dibayar, dinegosiasikan bila keadaan terdesak, bukan kabur.

Menjual aset atau barang berharga yang masih memiliki nilai ekonominya yang berada di rumah kita bisa kita jadikan pilihan untuk membayar utang kita. Namun apabila kita tidak memiliki utang, bisa kita jadikan uang tambahan menghimpun dana darurat seperti tujuan kita di poin kelima.

Klik halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com