Masalah Keuangan Rutin Bulanan (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 12 Mei 2020 03:01 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Kebanyakan Jalan Ke Mall di Akhir Pekan

Kebiasaan orang Indonesia terutama yang di kota besar seperti Jakarta adalah berakhir pekan di mal sambil refreshing. Tidak ada yang salah dengan jalan-jalan ke mal, akan tetapi ketika setiap jalan ke mal pulangnya anda membawa belanjaan tentengan dan makan siang atau malam di mal maka dijamin pengeluaran jajan anda akan tinggi dan meningkat.

Untuk biaya sekali makan di mal saat ini sekurang-kurangnya akan menghabiskan Rp 50.000-100.000 per orang. Bila kita pergi bersama pasangan dan anak, maka dengan mudah kita akan menghabiskan Rp 150.000-300.000 hanya untuk makan saja, belum menghitung jajan cemilan lainnya dan belanja. Kebayang kan berapa banyak habisnya?

Kebanyakan Makan Enak

Naah ini adalah pengeluaran yang menyenangkan. Saking menyenangkannya maka kita biasanya lupa sehingga sering melakukannya. Makan enak di restoran mahal memang menyenangkan. Dengan pelayanan yang istimewa menyebabkan kita merakan diri kita seperti seorang yang kaya.

Akan tetapi itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pelayanan yang kita terima dan nikmati harus ditebus dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk makan
berdua di restoran yang bagus kita bisa menghabiskan biaya antara Rp 250.000-500.000 per sekali makan. Pengeluaran sebesar itu sebenarnya cukup untuk
tabungan dan investasi bulanan kita.

Kenapa sih kita tidak pernah tahu berapa besar pengeluaran-pengeluaran ini? Kata kuncinya adalah mencatat. Kebanyakan dari kita melakukan pengeluaran tersebut tanpa disadari karena sudah menjadi kebiasaan setiap hari dan setiap minggunya. Akibatnya kita tidak pernah tahu ke mana uang kita pergi. Itu sebabnya dibutuhkan pencatatan pengeluaran yang benar.

Kita bisa melakukan pencatatan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi dan yang direkomendasikan adalah aplikasi Moneesa. Moneesa bisa diunduh
di sini http://bit.ly/moneesa-playstore . Selain itu, kita juga bisa tanya-tanya kepada agen asuransi tanpa harus takut ketahuan nomor HP kita dan takut dikejar-kejar. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan aplikasi Bregaswaras. Aplikasi Bregaswaras bisa diunduh di sini http://bit.ly/bregaswaras-playstore.

Baru 3 jenis 'kebanyakan' dibahas di sini. Masih ada 3 lagi yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Baca lagi ya.

Halaman


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)