Tipe-tipe Pengelolaan Uang, Kamu Masuk yang Mana? (1)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 26 Mei 2020 06:29 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Dalam hubungannya dengan uang dan perencanaan hidup, setiap orang ternyata punya tipe yang berbeda-beda. Itulah sebabnya tidak heran bila kita bisa menjumpai orang yang bisa berhemat, menabung dan berinvestasi.

Sementara ada orang lain yang hanya cita-cita saja bisa menabung dan tidak pernah bisa terlaksana meskipun sudah berusaha mati-matian. Atau mungkin saja belum berusaha mati-matian tapi selalu ada saja jalan bagi orang ini untuk membelanjakan uangnya sehingga tidak bisa disimpan, tabung ataupun investasi.

Di lain pihak, ada orang yang dengan sangat mudah bisa mengakumulasi kekayaan dan aset mereka. Dengan tipe yang berbeda-beda orang-orang ini tetap bisa menyisihkan uang bulanan mereka, yang membedakan adalah bagaimana cara mereka mengelola kekayaan tersebut.

Dengan mengenali tipe pengelolaan uang sebenarnya seseorang bisa belajar kelebihan dan kelemahan dalam pengelolaan keuangan sehingga bisa memperbaikinya atau bahkan mengubah tipe yang jelek menjadi bagus. Nah apa saja sih tipe pengelolaan keuangan tersebut? Yuk kita bahas.

Tipe Takut-takut

Pada dasarnya orang dengan tipe takut-takut ini memang tidak akan pernah bisa percaya dengan siapapun ketika berurusan dengan uang. Mereka sangat ekstra hati-hati dan cenderung takut. Bahkan mereka juga takut ketika harus berurusan dengan lembaga keuangan.

Dalam hal pemilihan produk keuangan, orang dengan tipe ini cenderung akan sangat-sangat konservatif. Produk keuangan mereka paling jauh adalah produk perbankan saja biasanya berupa tabungan dan deposito. Mereka tidak akan mau ditawarkan produk lain dalam bentuk apapun meskipun diiming-imingi dengan bunga, return atau hasil investasi yang lebih tinggi.

Mereka yang tipe takut-takut ini punya prinsip keuangan, tidak apa-apa uangnya tidak berkembang maksimal yang penting tidak rugi dan uangnya tidak hilang. Mereka cenderung pekerja keras untuk bisa mengumpulkan uang dan aset yang mereka miliki saat ini.

Kalau diukur profil risikonya mereka akan termasuk ke dalam kategori super konservatif dan tidak ingin mengambil resiko sekecil apapun sama sekali. Tipe takut-takut ini biasanya tidak mau berutang dan tidak berani berutang sama sekali.

Mereka akan membeli barang dan membayarnya dengan tunai. Kalau mereka belum memiliki cukup dana, mereka akan menahan diri menabung sampai uangnya terkumpul cukup untuk membeli barang yang mereka inginkan, dan mereka cukup sabar untuk bisa melakukan hal itu.

Tipe Pelindung

Hampir mirip sifatnya dengan tipe takut-takut, pemilik tipe pelindung ini juga cenderung konservatif dalam mengelola keuangan mereka. Tipe pelindung ini akan selalu berusaha melindungi uang mereka agar tidak terpakai atau hilang atau rugi.

Semua hal dalam hidup mereka harus selalu dilakukan dengan penuh perhitungan dan perlindungan. Yang membedakan tipe pelindung dengan tipe takut-takut adalah mereka masih terbuka untuk mendengarkan penawaran produk keuangan lainnya selama mereka bisa melindungi risiko uang mereka, atau tidak ada risiko sama sekali.

Tipe pelindung ini akan sangat perhitungan dengan uang mereka, sehingga akan terkesan pelit. Mereka terkesan cenderung tidak bisa menikmati hidup dan mereka tidak belanja sembarangan. Semua yang berhubungan dengan keuangan akan dilakukan dengan perhitungan yang sangat rumit dan penuh kehati-hatian.

Berbeda dengan tipe takut-takut, tipe pelindung ini punya tujuan keuangan untuk masa depan mereka, meskipun mereka melakukannya dengan sangat hati-hati dan penuh perhitungan. Mereka biasanya punya sistem perhitungan pengeluaran yang baik dalam bentuk file excel atau system amplop dengan mengumpulkan bon-bon pengeluaran mereka untuk dibuatkan kesimpulan setiap minggu dan bulannya.

Padahal di zaman sekarang ini sudah tidak jaman lagi menggunakan catatan kertas ataupun file komputer yang menyebabkan kita harus selalu terus menerus buka laptop. Di zaman serba modern seperti saat ini semua sudah bisa dilakukan melalui genggaman tangan kita yaitu dengan telpon pintar. Itulah sebabnya adanya suatu aplikasi yang bisa mencatat pengeluaran harian dengan rinci akan sangat membantu.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu anda melakukan hal itu adalah Moneesa. Anda bisa mencoba secara gratis dengan mengunduh di sini. Selain mencatat pengeluaran harian, ada juga aplikasi yang tidak kalah serunya yang bisa membantu kita membuat perbandingan premi asuransi dan mencari dengan harga yang murah tanpa harus bertemu dengan agen. Keren kan? Kita bisa mencoba di aplikasi Bregaswaras yang bisa diunduh di sini.

Selain dua tipe di atas yang cenderung konservatif, takut dan agak-agak pelit, masih ada tiga tipe lagi yang bisa kita pelajari apakah cocok dengan kepribadian kita dalam mengelola uang bulanan kita. Apa saja itu? Kita bahas di tulisan berikutnya ya.



Simak Video "Pria di Banyuwangi Beli NMAX Pakai Uang Koin"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)