Tips Atur Dompet biar Nggak Boncos Selama New Normal

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 26 Mei 2020 08:17 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pandemi virus Corona yang tak kunjung usai memicu kondisi normal baru (new normal) bagi kehidupan masyarakat. Kondisi ini mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan Corona agar aktivitas sehari-hari tidak terhenti.

Perencana Keuangan Aidil Akbar Madjid menyarankan agar masyarakat mengencangkan ikat pinggang saat menjalani new normal. Mengingat dalam kondisi ini akan banyak pengeluaran tambahan untuk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, hingga vitamin.

"Jadi itu adalah biaya-biaya tambahan yang kita butuhkan sehari-hari saat ini," kata Aidil kepada detikcom, Senin (25/5/2020).

Aidil menyarankan agar sementara waktu masyarakat membawa bekal makanan dari rumah selama new normal. Selain untuk mengurangi pengeluaran, cara ini untuk memastikan makanan yang dimakan terjamin kebersihannya.

"Kita tidak tahu makanan yang disiapkan di pinggir jalan itu kadar higienisnya seperti apa. Kalau di restoran, di mal mungkin oke tapi secara biaya juga mahal, tetap juga ada risiko. Jadi sebaiknya makanan atau jajanan bawa dari rumah dulu untuk beberapa bulan ke depan," ucapnya.

Selain itu, Aidil bilang, jangan belanja yang jumlahnya besar namun tidak terlalu dibutuhkan seperti beli handphone (HP) baru, baju baru, hingga belanja online berlebihan.

"Otomatis dalam kurun waktu minimal tiga bulan ke depan kita mencoba untuk tidak foya-foya dulu. Pengeluaran yang sifatnya besar, yang tidak urgent jangan dilakukan dulu misalnya ganti HP kecuali HP-nya rusak atau hilang. Terus beli baju baru, itu mix and match saja. Jajan-jajan secara online boleh beli, tapi tidak berlebihan," sarannya.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho menambahkan masyarakat bisa menabung dari uang rekreasi yang tak bisa dilakukan saat ini. Uang tersebut bisa dialihkan untuk keperluan yang lebih dibutuhkan saat ini.

"Budget untuk rekreasional yang paling masuk akal untuk di-skip bisa dialihkan untuk beli kebutuhan yang timbul pada saat ini," imbuhnya.

Klik halaman selanjutnya untuk mengatur keuangan di tengah pandemi Corona selama WFH.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]