Ini 4 Tips Sederhana Kelola Keuangan di Era New Normal

Reyhan Diandri - detikFinance
Sabtu, 20 Jun 2020 14:24 WIB
rupiah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat kondisi finansial sebagian besar masyarakat menjadi tersendat. Banyak pengeluaran baik yang tidak pasti, maupun berkala seperti tagihan yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk mengatasi kondisi finansial yang kurang baik tersebut, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengelola uang sehingga bisa menjadi lancar. Mau tahu? Dilansir dari bettermoneyhabits.bankofamerica.com berikut beberapa tips dalam mengelola uang sehingga kondisi finansialmu dapat menjadi lebih baik.

Catat Pengeluaran

Tips pertama agar keuanganmu menjadi lancar adalah dengan mencatat pengeluaran. Kategorikan seluruh pengeluaran seperti membeli kebutuhan belanja, transportasi, hingga tagihan-tagihan.

Ketika seluruh data sudah dicatat, maka akan lebih mudah untuk menghitung apakah kondisi finansialmu minus atau plus (minus berarti pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan, jika plus maka sebaliknya).

Pangkas Pengeluaran yang Tidak Dibutuhkan

Jika kondisi finansial mengalami tren minus, maka ada baiknya untuk segera memangkas pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Contohnya seperti membeli pakaian branded, berlangganan tv online, dan sebagainya.

Buatlah Rencana Tabungan

Perencanaan tabungan dapat menyelamatkan kondisi finansial di kala pandemi. Mulailah untuk menentukan tujuan jangan pendek dan jangka panjangmu ketika menabung.

Tentukan Bujet dan Limit Pemakaian

Setelah membuat rencana tabungan, kamu bisa menentukan bujet selama memenuhi kebutuhan selama sebulan. Aturlah limit untuk bujet pemakaian kebutuhan esensial dan non esensial. Kemudian sisanya bisa ditabung.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengelola uangmu sehingga kondisi finansial bisa berjalan dengan lancar. Untuk mempermudah pembayaran tagihan keuangan milikmu, aplikasi Grab mempunyai layanan Bills untuk pembayaran berbagai macam tagihan secara online. Saat ini ada promo #TagihFun di mana kamu bisa mendapatkan voucher diskon pulsa/paket data senilai Rp 10 ribu, saat membayarkan 2x tagihan melalui layanan Bills.



Simak Video "Usaha Grab Jaga Kebersihan Driver dan Pelanggan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)