New Normal Jadi Sering Jajan ke Luar? Ini 3 Tips Hemat Isi Dompet

Abu Ubaidillah - detikFinance
Selasa, 23 Jun 2020 09:58 WIB
Keuangan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat pandemi, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja, namun kini di masa new normal ada banyak hal yang dilakukan untuk melampiaskan keinginan yang tertahan sebelumnya. Salah satunya adalah menghabiskan uang untuk jajan bersama teman-teman.

Memang tidak ada salahnya melakukan hal tersebut namun bila sampai terlalu menghamburkan uang, ini akan memberikan kerugian ketika hal-hal mendesak yang membutuhkan uang tiba-tiba datang. Agar lebih bijak dalam membelanjakan uang jajan, Anda bisa mengikuti tips seperti dilansir dari The Simple Dollar berikut ini:

1. Menghemat Listrik

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang Anda adalah dengan mengurangi secara drastis konsumsi listrik di rumah. Mulai dari televisi, lampu, AC, dan lain-lain. Matikan bila tidak digunakan dan nyalakan jika benar-benar membutuhkannya saja.

2. Tulis Daftar Sebelum Pergi Belanja

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan berbelanja sesuai daftar yang telah dibuat saja. Sebab bila Anda tidak membuat daftar sebelum berbelanja, besar kemungkinan Anda akan membeli barang-barang lain yang tampak menarik.

3. Lakukan Perbandingan Harga

Sebagian orang melakukan rutinitas belanja di tempat yang sama dan mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa di tempat lain ada penawaran harga yang lebih baik. Cobalah berbelanja di tempat berbeda sehingga Anda bisa menemukan harga termurah dari sesuatu yang ingin dibeli.

Berhemat sangat penting untuk mengantisipasi keluarnya dana tidak terduga akibat kecelakaan, kehilangan, atau kerugian akan aset yang dimiliki.

Agar lebih hemat mengeluarkan uang ketika dalam keadaan mendesak, Anda bisa memanfaatkan asuransi, sebab bila terjadi hal yang tidak terduga dan harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak, perusahaan asuransi akan menanggung biayanya.

Pilihan jenis asuransi pun sekarang dibedakan dua, ada asuransi syariah dan asuransi konvensional. Untuk asuransi syariah sekarang sudah banyak dipilih karena memiliki beragam keuntungan misalnya dananya diinvestasikan pada instrumen-instrumen syariah saja.

Mega Insurance menjawab kebutuhan pasar dengan produknya yang memberikan jaminan menyeluruh mulai dari asuransi kebakaran untuk rumah, asuransi kendaraan, asuransi kecelakaan diri, hingga asuransi perjalanan (travel/umroh).

(prf/hns)